Home / BERITA TERBARU / New Delhi akan Larang Penggunaan Mobil Pribadi

New Delhi akan Larang Penggunaan Mobil Pribadi

Ilustrasi jalanan di New Delhi, India. (Biplov Bhuyan/HT PHOTO)

KLIKKABAR.COM, NEW DELHI – Negara India akan menghentikan penggunaan mobil pribadi di ibu kotanya, New Delhi, jika polusi udara kian memburuk.

Asap beracun telah menyelimuti India bagian utara, termasuk New Delhi, seperti terjadi setiap tahun saat musim dingin mendekat dan para petani membakar sisa panen.

“Mari kita berharap situasi polusi udara di Delhi tidak memburuk, tapi jika ini menjadi darurat, kita harus menghentikan penggunaan transportasi pribadi. Ada satu komite yang akan menasihati saya tentang ini,” papar Bhure Lal, Ketua Otoritas Kontrol Polusi Lingkungan India (EPCA) seperti dilansir Sindonews, Rabu (31/10/2018).

EPCA yang dipilih Mahkamah Agung (MA) India, telah mengusulkan penghentian konstruksi bangunan, penggunaan generator tenaga diesel, pembakaran bata, dan pembakaran sampah antara 1 November dan 10 November saat level polusi diperkirakan meningkat.

Data dari Badan Kontrol Polusi Pusat menunjukkan indeks kualitas udara yang mengukur konsentrasi partikel racun mencapai 469 di beberapa wilayah Delhi, kemarin, naik dari 299,4 sepekan lalu.

Pembakaran sisa panen yang menjadi sumber utama polusi, asap knalpot kendaraan, dan embusan angin yang rendah memicu terjadinya kabut asap yang diperkirakan memburuk sekitar 7 November, saat banyak kembang api dinyalakan untuk merayakan festival Hindu, Diwali.

Saat kabut asap menyelimuti wilayah India, sejumlah pemimpin New Delhi dan pemerintah pusat saling menyalahkan.

“Setiap tahun Delhi menderita karena ketidakmampuan pemerintah federal dan pemerintah negara bagian Punjab dan Haryana,” papar Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal di Twitter dikutip kantor berita Reuters.

Para petani di Punjab dan Haryana, yang menjadi lumbung pangan India, mulai membakar sisa hasil panen untuk menyiapkan penanaman baru pada November.