Home / ACEH / Desa Harus Benar-benar Membangun Dengan ADG

Desa Harus Benar-benar Membangun Dengan ADG

(Foto: Bag. Humas dan Protokoler Setdakab Aceh Timur)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Pemerintah kembali mengingatkan aparatur desa dan masyarakat supaya memanfaatkan dana desa untuk memajukan desa serta memberdayakan masyarakat desa.

“Desa membangun, bukan membangun desa,” kata Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Timur, Zahri, M.AP, saat membuka Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Sosialisasi Penyediaan Peningkatan Kapasitas Teknik Gampong (P2KTG) di The Royal Hotel Idi, Rabu (24/10/2018).

Gampong dikatakan Zahri merupakan sebuah kesatuan antara masyarakat dan pemerintahannya menjadi objek dari luar yang memerankan diri sebagai subjek pembangunan desa dengan istilah fasilitator.

“Kita sadari kapasitas aparatur gampong dan masyarakat masih terbatas, kualitas tata kelola gampong juga masih lemah, sehingga berdampak rendahnya kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan gampong,” tambahnya.

“Peningkatan kapasitas teknik gampong sangat diperlukan untuk mencari solusi, sehingga pembangunan yang didanai APBG lebih efektif, efesien, kreatif dan inovatif,” tuturnya.

Sementara itu Kepala DPMG, DR. Maimun, melalui Kabid Mukim dan Gampong, Abdul Aziz mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan efektifitas pembangunan dana di gampong dan kapastitas pemerintahan di gampong dan kapasitas kelembagaan serta kader pemberdayaan masyarakat di gampong.

Para peserta Rakor yakni para camat, tim inovasi, tim pelaksana inovasi, tenaga ahli, pendamping gampong dan pendamping lokal serta menghadirkan beberapa narasumber dari luar daerah.