Home / BERITA TERBARU / Tingkatkan Pelayanan, Pelindo III Kembangkan Terminal Penumpang

Tingkatkan Pelayanan, Pelindo III Kembangkan Terminal Penumpang

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, SURABAYA – Pelindo III mendorong pengembangan fasilitas untuk meningkatkan pelayanan kapal penumpang di Pelabuhan L-Say Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Salah satunya, pada awal 2018 lalu Pelindo III bersama mantan Gubernur NTT Frans Lebu Raya meresmikan gedung terminal penumpang Pelabuhan L-Say Maumere dan Pelabuhan Ende.

Baca Juga: Pelindo III Gandeng Operator Kapal Pesiar Hong Kong

Pelindo III akan Lakukan Pengembangan Tanjung Perak

“Pada tahun 2019 ditargetkan pembangunan dermaga sepanjang 150 meter sudah selesai. Sehingga bisa dimanfaatkan bersamaan dengan gedung terminal penumpang yang berkapasitas hingga 1.000 penumpang,” kata Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat seperti dilansir Republika di Surabaya (14/10/2018).

Ia mengungkapkan, kontribusi pendapatan dari pelayanan penumpang hanya sekitar 2 persen, atau jauh lebih kecil dibanding layanan bongkar muat barang. Namun Pelindo III dikatakannya tetap terus merenovasi dan membangun sejumlah gedung penumpang di berbagai terminal.

Lanjutnya, secara total ada 11 gedung terminal penumpang yang sedang dikerjakan. Selain Maumere dan Ende, yakni Tenau Kupang, Lembar, Sampit, Kumai, Batulicin, Bima, Waingapu, Kalabahi, dan Ippi.

Menurut Faruq, pengembangan berbagai gedung terminal penumpang tersebut menunjukkan wujud nyata komitmen BUMN Hadir untuk Negeri. Artinya, BUMN juga berperan sebagai agen pembangunan bagi negara untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat.

“Termasuk masyarakat di Kawasan Timur Indonesia yang menjadikan kapal laut sebagai moda transportasi utama untuk berpergian dari satu pulau ke pulau lainnya. Dengan kualitas infrastruktur yang sama baiknya dengan di daerah lain, diharapkan pelayanan kepada penumpang juga bisa terstandarisasi,” ujarnya.

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Masuk 10 Besar Dunia Versi IMF

Pelindo III Terima 11 Penghargaan dari Menhub

Pelindo III Bangun Kawasan Mewah di Benoa