Home / ACEH / Mahasiswa Aceh Utara Jangan Terjebak Isu Keagamaan

Mahasiswa Aceh Utara Jangan Terjebak Isu Keagamaan

Istimewa

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Ikatan Pemuda Aceh Utara (IPAU) menggelar temu ramah dan silaturahmi dengan mahasiswa baru di Banda Aceh, Minggu (14/10/2018).

Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof Hasbi Amiruddin meminta kepada suluruh mahasiswa dan masyarakat agar jangan terjebak dalam isu-isu keagamaan.

“Jangan memperdebatkan perbedaan pandangan. Karena berbeda pendapat itu rahmat. Yang kita lihat sekarang adalah kita bermusuhan sesama Islam. Padalah syurga itu diciptakan untuk semua. Cuma jalan untuk menuju kesitu yang berbeda-beda,” kata Prof Hasbi, yang juga salah seorang penasehat IPAU.

Selain itu, ia juga meminta kepada mahasiswa jangan lalai dan jangan mau dijajah oleh bangsa asing, terus belajar dengan tekun.

Ia menyesalkan fonomena yang terjadi sekrang di Indonesia, yaitu saling serang sesama Islam dan saling menjelekkan.

Menurutnya, saat ini tanpa sadar budaya masyarakat Aceh sudah dijajah oleh bangsa luar.

“Tanpa sadar kita sudah terjebak dengan budaya luar,” kata dia.

Menurutnya, agar tidak dijajah oleh bangsa luar, harus memperkutkan ekonomi, ilmu dan ibadah.

Jalaluddin, dosen Universitas Serambi Mekkah (USM) mengatakan mahasiswa harus bisa mandiri.

“Jangan selalu mengharapkan bantuan dari orang tua. Tapi mahasiswa harus kreatif dan harus bisa mandiri secara ekonomi,” kata Wakil Rektor III USM.

Menurutnya, yang harus dilakukan mahasiswa adalah belajar dengan tekun, disiplin dalam aktivitas sehari-hari dan tanggung jawab kepada orang tua. []