Home / ACEH / Aceh Diguncang Gempa 4,5 Skala Richter

Aceh Diguncang Gempa 4,5 Skala Richter

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Gempa dengan kekuatan 4,5 skala richter, kembali menggucang Aceh. Minggu 14 Oktober 2018.

Badan Meteorologi Klimatolgi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa, gempa yang terjadi pada pukul 05.48 WIB tersebut berpusat di laut, tepatnya 106 KM barat daya Calang, Kabupaten Aceh Jaya.

Pusat gempa berada pada kedalaman 40 KM dan dirasakan pada skala Modified Mercalli Intensity (MMI) I-II.

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan akibat gempa yang terjadi setelah subuh ini.

Baca Juga: Gempa 8,9 SR dan Tsunami Ancam Sumatera Barat

Alat Pendeteksi Tsunami Indonesia Tak Berfungsi Sejak 2012

[Foto] Kondisi Petobo Palu Usai ‘Amblas Ditelan Bumi’

Dalam tahun 2018 ini beberapa wilayah di Indonesia diguncang gempa, seperti Banten, Lombok, Lampung, Tasikmalaya, dan juga Sulewesi Utara yang mengakibatkan tsunami.

Dikutip dari Business Insider, salah seorang Ilmhan yang selama ini meneliti gempa bumi mengatakan bahwa kecepatan Bumi tertinggal selama bertahun-tahun. Khatulistiwa menyusut, tapi sulit bagi lempeng tektonik yang membentuk cangkang luar Bumi untuk menyesuaikannya. Ia memperkirakan bahwa planet ini akan mengalami 20 gempa berskala besar dalam masing-masing 4 tahun ke depan, dari 2018 sampai 2021.

Sementara itu, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, di Jakarta, pada 13 Agustus lalu mengatakan, “Indonesia adalah satu dari sedikit negara di dunia yang sepenuhnya terletak di dalam kawasan “cincin api” sehingga bencana bisa terjadi sewaktu-waktu. Fakta inilah yang perlu dipahami oleh masyarakat Indonesia.”

Menurut Dwikorita, yang paling penting saat ini adalah bagaimana kita membangun harmoni hidup bersama dengan gempabumi melalui mitigasi bencana untuk meningkatkan perlindungan dan pertolongan mandiri dalam menghadapi bencana. Daripada, kata dia, larut dalam diskusi, perhitungan, ramalan, dan perkiraan mengenai kapan lagi gempabumi akan terjadi.

“Gempa bisa terjadi sewaktu-waktu, kapanpun dan dimanapun. Namun kita berupaya jangan sampai ada korban, dengan cara tidak panik dan paham apa yg harus disiapkan sebelum, saat, dan setelah gempabumi,” terangnya.

Baca Juga: Tangisan Sang Kurir Sabu

3 Polisi di Aceh Timur Dipecat

Bupati Ini Berkantor di Kandang Ayam