Home / ACEH / Catur Nasional di Aceh, Babak Pertama Dimulai

Catur Nasional di Aceh, Babak Pertama Dimulai

Ratusan peserta mengikuti babak pertama Kejurnas Catur 47 di Hall Serbaguna Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis (11/10/2018) pagi. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Ratusan peserta Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) ke-47 mengikuti babak pertama di Hall Serbaguna Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis (11/10/2018) pagi.

Ratusan peserta ini terdiri dari semua kategori yaitu kelompok terbuka tanpa batasan usia, kelompok wanita tanpa batasan usia, junior A terbuka/putri umur 19 tahun.

Kemudian, junior B terbuka/putri umur 17 tahun, junior C terbuka/putri umur 15 tahun, junior D terbuka/putri umur 13 tahun, junior E terbuka putri umur 11 tahun.

Lalu, junior F terbuka/putri umur 9 tahun, junior G terbuka/putri umur 7 tahun, dan kelompok veteran umur 55 tahun (kelahiran tahun 1963 dan sebelumnya).

Amatan Klikkabar.com di lokasi, lomba babak pertama ini berlangsung tertib. Seluruh peserta bertanding dengan penuh konsentrasi. Para pelatih dan orang tua atlit tak diperboleh berada di lokasi lomba.

Peserta dari DKI Jakarta, Sergie Amir (tengah) mengikuti Kejurnas Catur ke-47 kategori junior F terbuka di Aceh. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

Diberitakan sebelumnya, Kejurnas Percasi ke-47 resmi dimulai, ditandai dengan pemukulan lonceng oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Rabu tadi malam. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 16 Oktober 2018.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Umum PB-Percasi, GM Utut Adianto, Kabid Dana PB-Percasi, Amir Faisal Nek Muhammad, Ketua Harian Koni Aceh, Kamaruddin Abu Bakar dan sejumlah pengurus lainnya.

Ketua Umum PB-Percasi, GM Utut Adianto mengatakan, Kejurnas kali ini akan menjadi momentum mereka mencari bibit-bibit muda untuk dipersiapkan pada even internasional, baik tingkat Asia maupun dunia.

“Yang jelas dari Kejurnas biasanya akan ada bibit menonjol, ini nanti tugas PB-Percasi, kita juga menyiapkan tim pemandu bakat untuk melihat, mudah-mudahan di sini ada lahir pencatur hebat nantinya,” kata GM Utut. []