Home / BERITA TERBARU / Ingatkan China, Armada Pasifik AS Unjuk Kekuatan? 

Ingatkan China, Armada Pasifik AS Unjuk Kekuatan? 

Armada Pasifik AS. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Armada Pasifik Angkatan Laut Amerika Serikat dilaporkan akan melakukan unjuk kekuatan besar-besaran untuk memperingatkan China. Dilansir dari Sindonews, unjuk kekuatan ini sekaligus menunjukkan bahwa AS siap umenghalangi dan menangkal tindakan militer Beijing.

Rencananya, seperti yang dikatakan oleh sejumlah pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS), kapal akan berlayar dan pesawat terbang di dekat perairan teritorial China di Laut China Selatan dan Selat Taiwan dalam kebebasan operasi navigasi, untuk menunjukkan hak jalur bebas di perairan internasional.

Para pejabat pertahanan menekankan bahwa tidak ada niat untuk terlibat dalam pertempuran dengan China.

Sementara militer AS melakukan operasi semacam ini sepanjang tahun, proposal yang disirkulasikan menyerukan beberapa misi untuk berlangsung hanya dalam beberapa hari.

Sementara seorang pejabat menggambarkannya sebagai hal itu “hanya ide”, namun itu cukup jauh sepanjang bahwa ada nama operasional rahasia yang melekat pada proposal, yang beredar di beberapa tingkat militer. Pejabat tersebut tidak akan mengkonfirmasi nama operasi potensial itu.

Para pejabat AS mengakui China sering melihat misi ini sebagai provokasi. Mereka juga mengakui bahwa komunitas intelijen harus membebani dengan kekhawatiran tentang reaksi dari China.

“Seperti yang dikatakan Menteri Pertahanan dalam banyak kesempatan, kami tidak berkomentar tentang operasi masa depan apa pun,” kata Letnan Kolonel David Eastburn, juru bicara Pentagon, seperti dikutip dari CNN, Kamis (4/10/2018).

Sementara itu, Armada Pasifik AS menolak untuk berkomentar lebih jauh terkait hal ini dan Pentagon juga menolak untuk mengakui atau mengomentari proposal rencana kegiatan tersebut.