Home / BERITA TERBARU / Uni Eropa Nyatakan Siap Bantu Indonesia

Uni Eropa Nyatakan Siap Bantu Indonesia

Anggota Basarnas saat mencari korban di bawah reruntuhan Hotel Roa-roa di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). (Azwar Ipank/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BRUSSELS – Uni Eropa (UE) turut menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia dan keluarga yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami yang melanda Provinsi Sulawesi Tengah.

Komisaris untuk Bantuan Kemanusiaan dan Manajemen Krisis UE, Christos Stylianides dalam siaran pers UE pada Minggu (30/9), menyatakan, pihaknya terus memantau situasi di Palu dan Dongala dan siap memberikan bantuan jika memang dibutuhkan.

“Ratusan orang telah kehilangan nyawa karena bencana alam yang mematikan telah menimpa Indonesia. Pikiran kita adalah dengan korban dan semua yang terkena dampak serta dengan responden pertama yang bekerja keras untuk menyelamatkan nyawa dalam kondisi yang sangat sulit. Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada mereka yang telah kehilangan orang yang dicintai,” kata Stylianides seperti dilansir dari Sindonews.

Baca Juga: 832 Jiwa Meninggal Dunia di Palu dan Donggala

[Foto] Evakuasi Korban di Hotel Roa-roa Palu

“UE berdiri bersama rakyat dan pihak berwenang Indonesia pada masa yang sulit ini dan kami telah menawarkan dukungan penuh kami. UE telah mengaktifkan layanan pemetaan satelit Copernicus darurat untuk membantu pihak berwenang. Kami terus memantau situasi dan kami siap untuk memobilisasi lebih banyak bantuan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, korban akibat gempa dan tsunami yang melanda kawasan Sulawesi Tengah pada Jum’at (28/9/2018) sore hingga sampai saat ini berjumlah 832 jiwa, ratusan luka-luka dan belasan ribu lainnya terpaksa mengungsi.