Home / ACEH / Terkena Jerat Pemburu, Gajah Sumatera Mati di Aceh Timur

Terkena Jerat Pemburu, Gajah Sumatera Mati di Aceh Timur

Gajah Sumatera yang terkena jerat pemburu di Bireum Bayeun, Aceh Timur, Aceh. Foto direkam beberapa hari lalu. (Foto: Paul Hilton)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Seekor gajah Sumatera atau Elephas Maximus Sumatranus kembali mati di Aceh, Sabtu (29/9/2018) sore.

Binatang dengan belalai panjang yang keberadaannya dilindungi oleh undang-undang itu sebelumnya terkena jerat yang dipasang oleh pemburu di hutan di Desa Blang Tualang, Kecamatan Bireum Bayeun, Kab. Aceh Timur, Provinsi Aceh, Selasa (18/9/2018).

Baca: PT Bumi Flora dan Kematian Gajah yang Terulang

Kabar Duka, Amirah Tutup Usia

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo kepada Klikkabar.com mengatakan bahwa, gajah berjenis kelamin betina itu awalnya telah coba diobati oleh pihaknya bersama tim medis dari Vesswic.

Gajah yang diperkirakan berusia 40 tahun itu dikatakannya mengalami infeksi akibat luka di kakinya, malnutrisi berat, anemia serta mengalami gangguan pada ginjal dan hatinya.

“Setelah sempat diobati, kondisinya sempat membaik saat itu. Namun selang beberapa hari, kondisinya malah semakin memburuk dan ambruk beberapa ratus meter dari lokasi semula,” kata Sapto, Sabtu (29/9/2018) malam.

Sekadar diketahui, kematian gajah akibat jerat sudah sangat sering terjadi. Teranyar, beberapa hari sebelumnya, bayi gajah yang diberi nama Amirah juga mati setelah sempat menjalani perawatan beberapa bulan di PKG Saree, Aceh Besar.

Amirah sebelumnya ditemukan dalam kondisi kritis akibat terkena jerat yang dipasang pemburu di hutan Tangse, pedalaman Kabupaten Pidie.

Baca Juga: Menguak Kerusakan Suaka Margasatwa Rawa Singkil

Asai Nanggroe Bak Rimba Tuhan, Refleksi Earth Day 2018

7 Fakta Bunta, Gajah Jinak yang Mati di Aceh Timur