Home / ACEH / Siap-siap, 1 Oktober Harga Telur dan Daging Ayam Naik

Siap-siap, 1 Oktober Harga Telur dan Daging Ayam Naik

Pedagang daging ayam | Foto: Tribunkalteng

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Pada awal oktober ini, pemerintah merencanakan akan menaikkan harga telur dan daging ayam di sektor petani dan juga untuk konsumen.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, seperti dikutip dari Tirto, Menteri Engga menjelaskan kenaikan telur dan daging ayam akan berlaku pada 1 Oktober 2018.

Kenaikan harga kedua barang tersebut diputuskan usai melakukan pertemuan dengan peternak, pengusaha telur dan ayam, pengusaha ritel, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan Satuan Tugas (Satgas) Pangan.

Ada pun harga yang ditetapkan adalah harga batas bawah Rp 18 ribu per kilogram dan batas atasnya Rp 20 ribu per kilogram untuk telur.

Sedangkan harga daging ayam karkas Rp34 ribu per kilogram.

Harga batas telur dan daging ayam yang berlaku saat ini berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 58 Tahun 2018 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen. Harga batas bawah telur di tingkat peternak Rp17 ribu per Kg dan batas atas telur Rp19 ribu per Kg.

Sedangkan, harga telur di tingkat konsumen Rp32 ribu per Kg. Untuk batas bawah dan atas harga daging ayam di tingkat peternak sama dengan batas harga telur, sedangkan harga daging ayam karkas di tingkat konsumen Rp32 per Kg.