Home / ACEH / Untuk Bimtek, Dana Desa di Abdya Dipotong Rp 5 Juta

Untuk Bimtek, Dana Desa di Abdya Dipotong Rp 5 Juta

Ilustrasi dana desa.

KLIKKABAR.COM, ACEH BARAT DAYA – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Barat Daya (Abdya), meminta pihak kepolisian untuk mengusut dana pelatihan Bimbingan Teknik Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dan bendahara desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG).

Dalam kegiatan itu, pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya selaku pelaksana kegiatan disebut-sebut memakai dana desa sebesar Rp 5 juta per desa.

“Ada 122 desa di Abdya maka totalnya Rp 610 juta. Anggaran ini kita anggap terlalu besar untuk kegiatan seremonial yang hanya dilakukan selama 4 hari itu,” kata Ketua YARA Abdya, Miswar, SH, kepada Klikkabar.com, Selasa (25/9/2018).

Pihaknya menduga, ada pihak yang bermain dalam pengelolaan anggaran itu. Dia bahkan meminta agar Dinas DPMP4 mempublikasikan penggunaan anggaran, seperti yang dilakukan pemerintah selama ini dalam hal transparansi pengelolaan dana desa.

“Jangan desa saja yang harus transparan. Sebab, pemerintah harus memberikan contoh terbaik kepada aparat desa terkait transparansi pengelolaan anggaran, apalagi yang dikelola itu anggaran desa,” timpal Miswar.

Baca Juga: DPR Ingatkan Dana Desa Jangan Dikorupsi

YARA: Bongkar Sindikat Pembunuh Bunta

Misteri Kematian Johansyah, Buronan Bersenjata di Aceh

Dugaan Penyimpangan Dana Pakan Gajah CRU Harus Diusut