Home / BERITA TERBARU / Hakim Tolak Praperadilan Irwandi, KPK Lanjutkan Penyidikan

Hakim Tolak Praperadilan Irwandi, KPK Lanjutkan Penyidikan

Irwandi Yusuf saat bersama Ahmadi. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Hakim menolak praperadilan terhadap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dan KPK melanjutkan penyidikan perkara.

“Penyidikan kasus ini akan berjalan untuk tersangka yang diduga menerima suap,” sebut Jubir KPK Febri Diansyah, Selasa (25/9/2018).

Febri menuturkan, putusan hakim ini sesuai dengan argumentasi KPK. Praperadilan itu tidak diajukan oleh Irwandi, tetapi oleh Yuni Eko Hariatna dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA). Irwandi keberatan dengan praperadilan itu.

Irwandi ditangkap berdasarkan operasi tangkap tangan (OTT) pada awal Juli 2018. Irwandi ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK bersama 3 orang lainnya karena diduga menerima suap dari Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi, yang juga jadi tersangka, sebesar Rp 500 juta.

Uang itu diduga merupakan bagian dari commitment fee Rp 1,5 miliar atau 10 persen demi mendapatkan ijon proyek infrastruktur yang menggunakan alokasi Dana Otsus. KPK menduga bagian 8 persen diperuntukkan bagi sejumlah pejabat di provinsi, sedangkan 2 persen di tingkat kabupaten.

 

Sebagian dari duit suap Rp 500 juta itu untuk Aceh Marathon 2018 di Sabang.