Home / BERITA TERBARU / DPD RI Terima Tim Pansus RPJM Aceh, Proyek Nasional Dipertanyakan

DPD RI Terima Tim Pansus RPJM Aceh, Proyek Nasional Dipertanyakan

Ist

KLIKKABAR.COM, JAKARTA- Sebanyak 3 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) yang merupakan tim Panitia Khusus (Pansus) Rencana Program Jangka Menengah Aceh (RPJMA) menemui Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono di ruang kerjanya.

Kedatangan tim Pansus RPJMA tersebut diterima langsung oleh Nono, ikut serta dalam pertemuan tersebut senator asal Aceh yakni, Drs.H Ghazali Abbas Adan, H. Sudirman dan Fachrul Razi.

Ketua Pansus RPJMA Dahlan Jamaludin menjelaskan, kedatangan pihaknya ke DPD RI guna mencari masukan serta meminta kejelasan terhadap sejumlah proyek nasional yang sudah di janjikan untuk Aceh.

“Seperti Jalan tol Aceh, waduk Keureuto, proyek Kereta Api, serta waduk di Pidie dan di barat selatan Aceh,” katanya usai pertemuan, Selasa 25 September 2018 di Komplek DPR/MPR.

Ia berharap kepada pemerintah pusat, tidak hanya sebatas janji untuk Aceh, akan tetapi semua janji tersebut benar direalisasikan, pungkas politisi Partai Aceh itu.

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPD RI asal Aceh Sudirman mengungkapkan, kedatangan anggota DPRA Aceh atas nama tim pansus RPJMA akan menjadi energi positif bagi masa depan Aceh kedepan. DPD RI melalui Komite I akan membantu dan memberikan rekomendasi pembangunan strategis di Aceh.

“Kita menyambut baik kedatangan teman-teman DPRA. Ini langkah positif bagaimana mengkondisikan agar sesegera mungkin terwujud pembangunan di Aceh.” kata Sudirman.

Ia juga berharap kedepan agar Anggota DPR Aceh harus lebih meningkatkan kinerjanya terutama dalam membangun komunikasi dan kebersamaan antara daerah dengan dengan perwakilan Aceh yang ada di tingkat pusat.

“Jika kebersamaan ini bisa terus dibangun dan terus dirawat, maka persoalan yang ada di Aceh bisa terselesaikan dengan baik dan secepat mungkin,” tambah pria yang kerap disapa Haji Uma ini.

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono mengatakan, dalam waktu dekat yakni pada 8 Oktober 2018 mendatang akan mengundang para pengambil kebijakan di Aceh, baik dari legislatif maupun eksekutif guna membahas bersama persoalan Otsus Aceh.

“Pembangunan saat ini tersendat karena masalah lokal atau masalah pembangunan strategis nasional di Aceh ada yang jalan, ada yang tidak jalan,” ujar Nono, usai menerima kunjungan tim Pansus RPJMA.

Purnawirawan TNI itu juga mengusulkan,agar dilakukan pembahasan secara komprehensif terkait Otsus Aceh serta rumusan kebijakan yang tepat agar kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. “Karena secara geopolitik, saya perkirakan Aceh akan menjadi pusat pembangunan,” katanya.

Adapun tim pansus yang mendatangi DPD RI adalah H. Dahlan Jamaluddin selaku ketua Pansus, Wakil ketua, Abdurrahman serta Yunardi Natsir. Diakhir pertemuan, tim Pansus menyerahkan dokumen RPJMA kepada Nono Sampono yang disaksikan oleh 3 senator asal Aceh.