Home / BERITA TERBARU / Lebih Dekat dengan Capres-Cawapres 2019-2024

Lebih Dekat dengan Capres-Cawapres 2019-2024

Jokowi dan Prabowo naik kuda. (Setkab.co.id)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan nomor urut dua calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Dalam penetapan itu, Jokowi-Ma’ruf mendapat nomor urut 1 dan Prabowo-Sandi mendapat nomor urut 2. Adapun masa kampanye terhitung mulai 23 September 2018-13 April 2019.

Lalu, bagaimanakah riwayat pendidikan kedua pasangan calon itu? Berikut rangkuman Klikkabar.com:

1. Ir.H joko widodo-Prof – Dr. KH.Ma’ruf Amin

Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin (Setkab.co.id)

Jokowi Widodo memulai pendidikan di SD Negeri Tirtoyoso solo, SMP Negeri 1 Solo, SMA Negeri 6 Solo dan kemudian melanjutkan pendidikan di UGM Yogyakarta.

Dalam dunia politik, Jokowi pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden RI 2014-2019.

Sementara, Prof. Dr. KH.Ma’ruf Amin memulai pendidikan SD, SMP dan SMA di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur, kemudian ia melanjutkan pendidikan sarjana dan magister di Universitas Ibnu Chaldun Bogor.

Lalu, ia melanjutkan pendidikan doktor bidang Ekonomi Syariah di UIN Jakarta dan meraih gelar guru besar atau profesor di jurusan Ekonomi Syariah UIN Malang.

Dalam dunia organisasi, ia terlibat di Rois Aam PBNU dan pernah menjabat sebagai Ketua Umun MUI Pusat, Komisaris Bank Muamalat, dan Ketua Dewan Ekonomi Syariah Nasional.

Sedangkan dalam dunia politik, beliau pernah menjabat sebagai anggota DPRD DKI, anggota DPR RI, anggota MPR RI, Dewan Pertimbangan Presiden, dan anggota Badan Pembinaan ideologi Pancasila. Pada Pilpres 2019, ia maju bersama Joko Widodo.

2. H. Prabowo Subiyanto – H. Sandiaga S. Uno, MBA

Prabowo dan Sandiaga (CNN Indonesia)

Prabowo Subianto memulai pendidikan di SD Kristen Victoria, Hongkong. Kemudian ia melanjutkan pendidikan di SMP Victoria Institut, Malaysia dan SMA International School, Swiss. Kemudian, ia juga pernah menimba ilmu di United Kingdom, Amerika.

Lalu, Prabowo melanjutkan pendidikan di Akabri Magelang, Indonesia. Setelah itu, ia bergabung dengan Kopassus dan pernah menjabat sebagai orang nomor 1 di lembaga militer itu pada tahun 1996-1998.

Di dunia politik, ia menjabat sebagai Ketua Umum Gerindra. Selain itu, ia pernah mencalonkan diri sebagai Cawapres untuk periode 2009-2014 dan Capres 2014-2019. Namun, dalam dua kali pesta demokrasi itu, Prabowo selalu kalah.

Pada Pilpres 2019 mendatang, Prabowo kembali bertarung. Ia berpasangan dengan mantan wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Sementara, H. Sandiaga S. Uno, MBA memulai pendidan di SD KRISTEN PSKD (Persatuan sekolah kristen Djakarta) Jakarta, SMP Negeri 12 Jakarta.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikan di SMA KATHOLIK Pangudiluhur Jakarta. Lulus daru sana, ia melanjutkan kuliah di Wichita State University, Amerika.

Dalam dunia politik, ia pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pembina Partai Gerindra dan Wakil Gubernur DKI. Pada Pilpres 2019 mendatang, ia menjadi wakil Prabowo Subianto. []