Home / ACEH / Pemikiran Islam Hasan Tiro Dibahas di UIN Ar-Raniry

Pemikiran Islam Hasan Tiro Dibahas di UIN Ar-Raniry


KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Himpunan Mahasiswa Prodi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Ar Raniry Banda Aceh mengundang semua pihak untuk hadir pada diskusi tentang pemikiran Islam Hasan Tiro, Ph.D.

Mereka akan mengadakan kuliah umum pada Selasa (25/9/2018) di Aula Fakultas Ushuluddin UIN Ar Raniry, pukul 09.00 wib. Kuliah umum bertema “Konsep Pemikiran Islam Tengku Hasan di Tiro” ini disampaikan oleh pemateri Haekal Afifa dan moderator M. Wahyu Zia

“Mereka masih merawat ingatan sejarah kita bahwa 25 September adalah hari lahirnya tokoh ideolog, sang Revolusioner Aceh; Tengku Hasan Muhammad di Tiro,” ungkap Haekal Afifah, Ahad (23/9/2018), Banda Aceh.

Haekal memberi apresiasi kepada mahasiswa yang dalam suasana “gila” dengan politik Pilpres 2019, masih ingat dengan momen milad deklarator Aceh Merdeka.

“Secara khusus, bagi yang selama ini kontra dengan pemikiran Tengku Hasan di Tiro, khususnya dalam frame Islam atau yang selama ini diasumsikan sekuler, saya berharap dengan penuh hormat untuk bisa berhadir dan berbagi pandangan,” ajaknya.

Sekadar catatan, Hasan Tiro lahir di Tiro, Pidie pada Jumat, 25 September 1925 (9 Jumadil Awal 1344 H) dan meninggal dunia pada Kamis (3/6/2010) di Banda Aceh karena sakit.