Home / BERITA TERBARU / Nasib 5 Medsos Bakal Seperti Path

Nasib 5 Medsos Bakal Seperti Path

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Yang namanya sosial media, pastinya butuh basis pengguna yang besar untuk menjalankan bisnisnya. Path malah kehilangan pengguna dan memilih tutup.

Dikutip dari jalantikus, Path tidak bisa diunduh per 1 Oktober dan tidak bisa diakses sama sekali mulai 18 Oktober mendatang. Walaupun Path memiliki fitur-fitur unik, tetap saja sosial media ini harus menghadapi kenyataan ditinggalkan pelanggan.

Nggak cuma Path, ada lagi 5 sosial media lainnya yang bernasih sama seperti pepatah ‘hidup segan mati tak mau’.

 

1. Foursquare
Sosial media yang populer di Indonesia sekitar tahun 2009 membuat kamu hendak berpergian dan mengunjungi berbagai tempat untuk mendapatkan badge.

Fungsi Foursquare mulai tergantikan dengan berbagai sosial media mainstream yang sudah memiliki fitur serupa. Padahal perusahaan ini membuat aplikasi terpisah bernama Swarm, tetap saja membuat sosial media ini makin jarang digunakan.

2. Gab
Gab yang fungsinya hampir sama dengan Twitter. Bedanya Gab terkenal lebih frontal dan bebas buat para penggunanya mem-posting pesan-pesan yang bahkan berisikan ujaran kebencian. Di Twitter hal ini tidak bisa.

Pengguna Gab terbilang sedikit bahkan sangat kecil dibanding sosial media lainnya. Hal ini juga karena platform iOS dan Android menolak keberadaan Gab di layanan toko.

3. Koprol
Di tengah kepopuleran forum diskusi Kaskus saat ini, Koprol hadir sebagai platform sosial media alternatif selain Facebook dan Twitter. Aplikasi sosial media karya anak bangsa ini pun bisa menghubungkan para penggunanya jika berada di lokasi yang sama.

Koprol menarik perhatian Yahoo untuk mengakuisisinya karena memiliki peluang menjanjikan. Yang terjadi kebalikan, selang 2 tahun setelah akuisi Yahoo terpaksa harus menyetop layanan Koprol.

4. Plurk
Plurk layanan microblogging yang populer di Indonesia sekitar tahun 2009. Sosial media ini memiliki sejumlah fitur mirip Twitter, seperti timeline hingga batasan karakter pada awalnya.

Hingga saat ini, sejumlah orang masih menggunakan Plurk walau nggak seramai dulu

5. Migme
Migme merupakan transformasi dari mig33 yang dirilis pada 2005. Aplikasi ini tergolong sangat populer di Bangladesh, Indonesia, India, Asia Selatan hingga Afrika dan umumnya digunakan untuk mencari jodoh.