Home / ACEH / Tiga Harimau Sumatera Hadang Mobil Warga di Aceh

Tiga Harimau Sumatera Hadang Mobil Warga di Aceh

Dok. Klikkabar.com (Screenshoot FB)

KLIKKABAR.COM, NAGAN RAYA – Suasana mencekam mendadak melanda warga di salah satu desa di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, pasca kemunculan tiga ekor Harimau Sumatera di daerah itu.

“Kejadiannya tiga hari lalu saat kami melintas di jalanan kebun sawit, kami sempat dihadang dan beruntung bisa mendokumentasikan mereka (harimau),” kata Kamal, salah seorang warga Nagan Raya seperti dilansir Antara, Jumat (21/9/2018).

Kamal bersama rekan-rekannya yang berada didalam truk mengabadikan sejumlah harimau yang tampak jelas bermain di depan mobil mereka saat hendak menuju kebun menjemput bahan baku sawit.

Setelah dihadang, mereka tidak berani lagi melanjutkan perjalanan dan meninggalkan mobil disana. Lokasi penghadangan tersebut berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pemukiman warga.

Satwa yang dilindungi oleh undang-undang itu muncul karena diduga habitatnya di hutan telah terusik atau terganggu oleh aktivitas perusahaan perkebunan sawit. Begitu juga dengan pembukaan lahan atau perambahan yang dilakukan di kawasan hutan.

Pengalaman langka dan menegangkan itu pun dibagikan Kamal ke laman Facebook pribadinya. Hingga saat ini, kiriman tersebut telah dibagikan sebanyak 262 kali.

Harimau Sumatera atau Panthera Tigris Sumatrae merupakan satu dari enam sub-spesies harimau yang masih tersisa dan mampu bertahan hidup hingga saat ini. Harimau Sumatera termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered) sehingga keberadaannya dilindungi oleh undang-undang.

Baca: Salah Kaprah Tari Saman

Kisah Gajah Tyke, Mati Setelah Diterjang 86 Peluru

Menguak Kerusakan Suaka Margasatwa Rawa Singkil

YOSL-OIC dan Para Pejuang Restorasi di Gayo Lues