Home / ACEH / BI Dorong Pemerintah Jaga Toilet di Aceh Selalu Bersih

BI Dorong Pemerintah Jaga Toilet di Aceh Selalu Bersih

Kepala Kpw BI Aceh, Zainal Arifin berdiskusi dengan wartawan di Banda Aceh, Jumat (21/9/2018). (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

*Gaet Wisatawan Domestik dan Luar Negeri

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Bank Indonesia mendorong pemerintah kabupaten/kota di Aceh untuk memperbaiki dan menambah fasilitas umum yang memadai dan bersih, khususnya toilet, tempat makan, jaringan komunikasi, hingga fasilitas keuangan seperti ATM.

“BI dorong agar hal-hal seperti itu diperhatikan supaya pariwisata di Aceh tumbuh berkembang,” kata Kepala Kpw BI Aceh, Zainal Arifin di Banda Aceh, Jumat (21/9/2018).

Kata Zainal, pariwisata menjadi salah satu potensi yang bisa menumbuhkan perekonomian di Aceh. Jika sektor ini benar-benar diperhatikan, seluruh dunia akan tertuju ke Aceh.

“Tidak mencontoh yang di Bali, Aceh tetap laku, pariwisata di Aceh harus sesuai dengan karakter orang Aceh,” kata Zainal.

Dalam kesempatan itu, Zainal juga mendorong pemerintah memperbaiki dan mempermudah akses jalan khususnya ke Sabang, Aceh Tengah, dan Aceh Singkil.

Menurutnya, penambahan jumlah kapal ke Sabang, Singkil dan Simeulue akan memikat wisatawan untuk selalu ke bumi Serambi Mekkah ini.

“Rute penerbangan khususnya ke Singkil dan Aceh Tengah juga harus ditambah,” terang Zainal.

Ia menambahkan, penertiban pelaku pungutan tidak resmi dan kejelasan harga khususnya jasa akomodasi dan makanan serta minuman juga harus diutamakan, sehingga wisatawan tak mengalami kesan buruk saat ke Aceh.

“Pusat informasi wisata di spot strategis, khususnya bandara, dan iklan pariwisata di media elektronik juga harus dilakukan untuk memikat wisata domestik dan luar negeri,” ujar dia. []