Home / ACEH / RJI Aceh Bantu STIS Ummul Ayman Tingkatkan Publikasi Ilmiah

RJI Aceh Bantu STIS Ummul Ayman Tingkatkan Publikasi Ilmiah

KLIKKABAR.COM, PIDIE JAYA – Publikasi ilmiah dan peningkatan kualitas jurnal ilmiah khususnya di tingkat perguruan tinggi di Aceh masih merupakan salah satu tantangan besar. Hal ini dapat ditinjau dari masih minimnya kuantitas jurnal terakreditasi di perguruan tinggi di Aceh baik yang berada di bawah Kemenristek-Dikti maupun Kemenag RI.

Sejauh ini hanya UIN Ar-Raniry dan Universitas Syiah Kuala yang memiliki jurnal terakreditasi. Tentunya data ini tidak berimbang dengan jumlah perguruan tinggi di Aceh baik negeri maupun swasta dan juga jumlah penulis yang akan mempublikasikan artikelnya.

Kondisi tersebut ditegaskan oleh Ketua Prodi S2 Pendidikan Agama Islam, Dr. Anton Widyanto saat menjadi pemateri Workshop Publikasi Ilmiah dan Tata Kelola E-journal di Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Ummul Ayman, Pidie Jaya. Rabu 19 September 2018.

Acara workshop ini diikuti oleh belasan
dosen internal STIS Ummul Ayman, baik dalam kapasitas sebagai pengelola jurnal maupun penulis.

“Pada umumnya manajemen jurnal ilmiah menghadapi persoalan khususnya terkait dengan sumber daya manusia. Banyak orang yang lebih suka menulis daripada mengelola jurnal, sebab mengelola jurnal lebih melelahkan daripada menulis artikel, apalagi biasanya dukungan finansial dari institusi juga terbatas”, papar Anton yang sekaligus merupakan Koordinator Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Wilayah Aceh ini.

Lebih lanjut Anton menegaskan bahwa redaksi jurnal dituntut memiliki keikhlasan dalam mengelola jurnal ilmiah. Tanpa keikhlasan, maka akan sulit meningkatkan kualitas jurnal yang dikelola.

“Dulu biasanya para pengelola jurnal disebut dengan original, orang gila jurnal. Tapi di lingkungan Kementerian Agama istilah ini kemudian diganti dengan “Jihadis Jurnal”, sebab memang memerlukan usaha, perjuangan dan komitmen yang besar agar kualitasnya semakin meningkat”, tambah Ketua Redaksi Jurnal Islam Futura Pascasarjana UIN Ar-Raniry ini.

Dalam kegiatan pelatihan ini, hadir juga Irman Siswanto dari Rumah Jurnal UIN Ar-Raniry dan Illa Rahmatin dari Jurnal Dayah Prodi S2 PAI Pascasarjana UIN Ar-Raniry sebagai fasilitator pelatihan.

Selain materi manajemen jurnal, disampaikan juga materi tentang indeksasi dan proses pembuatan akun SINTA masing-masing dosen STIS Ummul Ayman yang hadir. Dengan demikian diharapkan peringkat kampus ini di SINTA bisa juga semakin meningkat. (rel)