Home / ACEH / Sidang Praperadilan Irwandi Digelar di Jakarta

Sidang Praperadilan Irwandi Digelar di Jakarta

Sidang Praperadilan Irwandi di PN Jakarta Selatan, Senin (17/9/2018). (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mulai menyidangkan permohonan Pra Peradilan pasca penangkapan dan penahanan terhadap Gubernur Non aktif Irwandi Yusuf oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dari informasi yang diterima Klikkabar.com, sebelum membuka persidangan, hakim Dedy Hermawan menyampaikan agenda jadwal persidangan selama tujuh hari kedepan yang dimulai dari hari ini, Senin (17/9) dengan pembacaan permohonan dan Selasa (18/9) besok dilanjutkan dengan jawaban dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selanjutnya, Rabu (19/9) dengan agenda pembuktian surat dari para pihak dan Kamis (20/9) mendengarkan keterangan saksi para pihak serta Jum’at (21/9) penyerahan kesimpulan para pihak.

Dalam permohonan yang dibacakan oleh kuasa hukum Safaruddin, SH, mempermasalahkan bahwa Irwandi sebenarnya dijemput di Pendopo Gubernur Aceh oleh Satgas KPK.

“Jadi, penangkapan Irwandi bukan saat sedang melakukan transaksi dengan pihak lain, lazimnya sebuah OTT, tapi itu semua diperoleh dari orang lain,” kata Safaruddin melalui keterangannya kepada Klikkabar.com, Senin (17/9) siang.

Tambah Safaruddin, barang bukti itu juga diambil Irwandi dari pihak swasta, bukan dari kedua orang yang di-OTT pada waktu itu.

Bahkan semua transaksi yang ada dalam print out pengiriman uang, diduga tidak dikirimkan kepada Irwandi, tapi kepada pihak lain yang disinyalir untuk keperluan kegiatan promosi pembangunan Aceh, yaitu Aceh Marathon.

“Kita diminta untuk hadir kembali pada persidangan Selasa (18/9) besok,” pungkas Safaruddin.