Home / BERITA TERBARU / Kinerja Bongkar Muat Pelindo III Naik 28 Persen

Kinerja Bongkar Muat Pelindo III Naik 28 Persen

Ilustrasi (internet)

KLIKKABAR.COM, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mencatat kinerja bongkar muat general cargo pada Agustus 2018 mengalami peningkatan 28% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Pada periode yang sama tahun lalu bongkar muat hanya mencapai 1,5 juta m3 atau 29 juta ton, sedangkan tahun ini mencapai 2 juta m3 atau setara 32 juta ton,” kata CEO Pelindo III, Ari Askhara, dikutip dari Bisnis.com, Selasa (11/9/2018).

Ia mengatakan, meskipun terjadi pelemahan rupiah yang sempat tembus Rp15.000 per dolar AS, tetapi kinerja pelabuhan tidak nampak surut bahkan tumbuh positif.

Kata Ari, arus peti kemas meningkat 7% dari 2017 dengan jumlah 3,4 juta TEUs karena adanya peningkatan arus peti kemas domestik di Terminal Berlian dan Terminal Teluk Lamong.

“Hal ini menunjukkan kondisi perekonomian masyarakat kita tidak mengalami penurunan seperti apa yang dikhawatirkan oleh beberapa kalangan,” kata Ari.

Peningkatan kinerja operasional tersebut meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Seperti pada sisi pendapatan dari layanan peti kemas meningkat sebesar 14% dan pada layanan general cargo dibanding tahun sebelumnya (per Agustus 2017) meningkat hingga 27%.

Hingga Agustus 2018 pun, Pelindo III membukukan laba bersih setelah pajak Rp1,97 triliun atau meningkat 39% dibandingkan waktu yang sama 2017 yakni Rp1,41 triliun.

“Walaupun kondisi tekanan nilai tukar rupiah yang mengalami penurunan terhadap dolar AS serta harga minyak dunia yang tinggi, Pelindo masih berhasil dengan upaya efisiensi di segala lini yang kami lakukan,” ujarnya.

Ari menambahkan meningkatnya kinerja perseroan juga didukung oleh kinerja anak usaha yang juga semakin membaik, serta adanya upaya difersifikasi usaja. Kontribusi anak usaha telah mencapai 50% dari total capaian perseroan. []