Home / BERITA TERBARU / Pelindo III Bangun Kawasan Mewah di Pelabuhan Benoa

Pelindo III Bangun Kawasan Mewah di Pelabuhan Benoa

Ilustrasi (internet)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III berniat untuk membangun kawasan mewah dan berkelas di Pelabuhan Benoa, Bali.

Direktur Utama Pelindo III Ari Askhara mengatakan, proyek ini akan menguras anggaran hingga triliunan rupiah. Ari memperkirakan jumlah anggaran yang diperlukan bisa sampai Rp 8,8 triliun.

Kata Ari, untungnya ada sejumlah investor yang tertarik mendanai proyek ini, salah satunya BUMN dari China, China Communication Construction Company Limited.

“Untuk properti kita akan bertahap sampai dengan 5 tahun ke depan. Kita sudah kerja sama dengan perusahaan BUMN terbesar di China yaitu CCCC,” ujar Ari, dikutip dari kumparan.com, Rabu, 29 Agustus 2018.

Dia menjelaskan bahwa CCCC berkomitmen untuk menyalurkan investasi sebesar Rp 5,8 triliun. Megaproyek in akan dikerjakan dalam 2 tahap.

“Jadi mereka akan inves sebesar Rp 5,8 triliun, (khusus) untuk propertinya,” ujar Ari.

Kondisi saat ini, Pelindo III terus membenahi Pelabuhan Benoa khususnya menjelang pertemuan IMF-World Bank yang digelar di Nusa Dua, Bali, Oktober 2018 mendatang.

Pelindo III telah membangun dermaga baru Pelabuhan Benoa sepanjang 850 meter senilai Rp 1,2 triliun. Sehingga secara total, pelabuhan terbesar di Bali ini mampu menampung 3 kapal pesiar besar, kapal tanker, dan beberapa kapal Floating Storage Unit (FSU).

Pelindo III juga sudah mulai mengeruk alur laut hingga kedalaman 12 meter sehingga kapal pesiar besar mampu merapat di dermaga Pelabuhan Benoa.

“Di pertengahan acara (IMF-World Bank 2018) nanti akan datang Cruise Dream, datang dengan kapasitas 5000 pax penumpang,” kata Ari. []