Home / BERITA TERBARU / Gempa 4 SR Guncang Padang

Gempa 4 SR Guncang Padang

Ilustrasi gempa bumi. (ANTARA)

KLIKKABAR.COM – Gempa bumi berkekuatan 4,0 Skala Richter pada Senin, 20 Agustus 2018 pukul 17.25 WIB mengejutkan warga Padang, Sumatera Barat.

“Gempa berlokasi di Pariaman tepatnya 0,89 lintang selatan, 100,22 bujur timur atau 32 kilometer tenggara Pariaman dengan kedalaman 10 kilometer,” kata Plt Kepala Stasiun Geofisika Klas I BMKG Padang Panjang Fajar Dwi Prasetyo seperti dilansir Antara.

Hingga saat ini dikatakannya belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan, dan dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Khusus masyarakat di daerah pesisir diimbau tidak terpancing isu karena gempa bumi itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Ia menjelaskan dilihat dari kedalaman hipocenter-nya, gempa bumi itu masuk kategori dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut (sea floor faulting) antara Siberut dan pantai barat Sumatera Barat.

“Mekanisme sumber menunjukkan bahwa, gempa bumi dipicu penyesaran mendatar,” katanya.

Mekanisme sumber itu, kata dia, sesuai dan relevan dengan kondisi sesar bawah laut yang memiliki pergerakan mendatar di kedalaman 10 km di daerah tersebut.

Menurut pantauan di kawasan Kampung Nias, Padang Selatan, usai gempa, beberapa warga terlihat berada di luar ruangan untuk menyelamatkan diri.