Home / BERITA TERBARU / Jadi Hacker Jenius, Anak Anggota DPR Gasak Rp 2,2 Triliun

Jadi Hacker Jenius, Anak Anggota DPR Gasak Rp 2,2 Triliun

Ilustrasi.

Ilustrasi.

KLIKKABAR.COM, RUSIA – Pemerintah Amerika Serikat (AS) sedang melakukan sidang kasus peretasan paling hot di tahun 2016 dimana si tersangka adalah anak dari Valery Seleznev, anggota DPR Rusia dari Partai Liberal Demokrat.

Hacker bernama Roman Seleznev itu memang dikenal sebagai hacker jenius sejak tahun 2000an. Oleh pemerintah AS, Roman dituduh melakukan 40 kasus peretasan yang membuat pria itu berhasil mencuri uang USD 170 juta atau sekitar Rp 2,2 triliun.

Salah satu kasus Roman yang paling terkenal adalah peretasan WorldPay di tahun 2008. Saat itu Roman dan grupnya sukses menyerang server WorldPay dan mencuri Rp 118 miliar dari 2.100 mesin ATM di 280 kota hanya dalam waktu kurang dari 12 jam!

Tidak aneh bila pemerintah AS begitu getol mencari-cari Roman. Sebab dia diklaim sudah meretas 200 sistem pembayaran online di Amerika. Modusnya, Roman menyebar virus yang dapat mencuri informasi kartu kredit.

Penangkapan Roman sendiri menjadi polemik antara AS dan Rusia. Penyebabnya, pemerintah Rusia menyatakan bila Roman ‘diculik’ oleh pemerintah AS karena dibekuk di Maldives, kawasan yang tidak termasuk yuridiksi AS.

Ketika ditanggkap, otoritas AS menemukan 2,1 juta nomor kartu kredit curian dari laptop Roman. Apabila terbukti bersalah atas semua tuduhan, Roman terancam hukuman penjara minimal 65 tahun dan denda maksimal Rp 36 miliar. (Merdeka)