Home / ACEH / 23 Bakal Calon Anggota DPD Lolos, 3 Gugur

23 Bakal Calon Anggota DPD Lolos, 3 Gugur

Foto: website KIP Aceh

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Rapat pleno yang digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menghasilkan nama-nama bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Aceh, yang berhak menjadi peserta Pemilu 2019.

Rapat pleno yang digelar di Hermes Palace Hotel, Sabtu 18 Agustus 2018, dipimpin oleh Wakil Ketua KIP Aceh, Tharmizi dan dihadiri oleh seluruh komisioner KIP Aceh serta Sekretaris KIP Aceh. Peserta yang hadir adalah komisioner KIP Kabupaten/Kota, unsur Panwaslih Aceh, Panwas Kabupaten/Kota, unsur Muspida dan calon anggota DPD Aceh.

Agenda dimulai dengan rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan kedua dan dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil akhir verifikasi faktual dukungan pemilih perseorangan terhadap calon anggota DPD Aceh.

Dalam rapat yang dipandu bergantian oleh Komisioner KIP Aceh, Munawarsyah, Ranisah, Agusni, Muhammad dan Akmal Abzal, masing-masing perwakilan KIP Kabupaten/Kota maupun Panwaslih Kabupaten/Kota diminta untuk membacakan hasil verifikasi faktual mereka terhadap calon anggota DPD.

Pada pukul 13.00 WIB, rapat sempat ditunda untuk salat zuhur dan makan siang, kemudian dilanjutkan lagi pada pukul 14.00 WIB. Rapat pleno dengan agenda rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan kedua, berakhir pukul 14.30 WIB.

Acara dilanjutkan dengan agenda kedua, rapat pleno rekapitulasi hasil akhir verifikasi faktual dukungan pemilih perseorangan terhadap calon anggota DPD Aceh. Seluruh calon anggota DPD yang Memenuhi Syarat (MS) dibacakan satu-persatu oleh komisioner.

Sesuai hasil akhir rapat pleno, calon anggota DPD yang dinyatakan lolos adalah sebanyak 23 orang. “Mereka nantinya akan dimasukkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) untuk diumumkan kepada masyarakat,” kata Wakil Ketua KIP Aceh, Tharmizi.

Berikut adalah nama-nama calon anggota DPD asal Aceh yang dinyatakan memenuhi syarat; Andre Liska, Anwar Ahmad, Bukhari MY, Burhanuddin Daud, Fadli Abdullah Adam, Fazran Zein, Ghazali Abbas, H. Fachrul Razi, MIP, M. Fadil Rahmi, Bahrum Manyak.

Kemudian, Hasan Nurdin Darjo, Irsalina Husna, Iskandar SE.I, M. Fachruddin, Masri Gandara, M. Ali Kuba, Mukhlis Muktar, Muntasir Hamid, Mursalin, Sudirman, T. Saifullah, Tarmilin Usman, dan Tgk. Fachrurrazi Bin Hamzah.

Sedangkan calon yang tidak memenuhi syarat adalah Murdani, Raihan Iskandar dan Tgk. T. Abdul Muthaleb. []