Home / ACEH / KPK Juga Sasar ‘Lingkaran’ Irwandi Yusuf

KPK Juga Sasar ‘Lingkaran’ Irwandi Yusuf

KPK (Foto: google)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH- Sejak Senin-Kamis 13-16 Agustus 2018 tim penyidik KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap sekitar 60 saksi untuk para tersangka di kasus dugaan suap DOK Aceh tahun 2018. Selain itu juga dilakukan penggeledahan di 2 titik kemarin Rabu di Banda Aceh, demikian disampaikan Jurubicara KPK Febridiansyah.

“Unsur saksi mulai dari Plt Gubernur Aceh, sejumlah Kepala Dinas, para ketua pokja, pihak bank dan swasta,” katanya, Kamis 16 Agustus 2018.

KPK juga menemukan bukti-buktu baru yang mengarah pada dugaan penerimaan lain oleh tersangka yang diduga ada kaitannya dengan kasus DOK Aceh dan sejumlah proyek lain di Aceh.

“Peran pihak lain di sekitar Gubernur menjadi perhatian penyidik. Dugaan adanya perintah dan arahan dari tersangja IY terkait proyek sedang kami cermati,” demikian Febri.

Gubernur Aceh non aktif Irwandi Yusuf ditetapkan KPK sebagai tersangka. Dia diduga menerima suap dari Bupati Bener Meriah Ahmadi.

Pemberian itu disebut terkait fee ijon proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) pada Provinsi Aceh tahun anggaran 2018. Menurut Basaria, Ahmadi berperan sebagai perantara.

“Diduga pemberian oleh Bupati Bener Meriah kepada Gubernur Aceh sebesar Rp 500 juta bagian dari Rp 1,5 miliar yang diminta Gubernur Aceh,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan,  Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Selain dua kepala daerah itu jadi tersangka,  ada 2 orang swasta lainnya yang juga ditetapkan sebagai tersangka yaitu Hendri Yuzal dan T.Saiful Bahri.