Home / BERITA TERBARU / BPBD: Korban Gempa Lombok Capai 401 Jiwa

BPBD: Korban Gempa Lombok Capai 401 Jiwa

Antara Foto.

KLIKKABAR.COM – Korban tewas akibat gempa 7,0 SR pekan lalu dan rangkaian gempa susulan yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terus bertambah..

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB mencatat, hingga Minggu (12/8) jumlah korban tewas akibat gempa Lombok mencapai 401 orang. Di Lombok Utara ada 348 korban tewas, Lombok Barat 30 orang korban tewas, Kota Mataram 9 orang tewas, Lombok Timur 10 orang tewas, Lombok Tengah 2 orang tewas dan Kota Lombok 2 orang tewas.

Baca: Pasca Gempa, Lombok Dilanda 72 Gempa Susulan

“Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh saat gempa,” kata Kepala BPBD NTB H Muhammad Rum, seperti dilansir dari Kompas, Minggu (12/8).

BPBD mencatat, korban luka-luka mencapai 1.353 orang. Rinciannya, sebanyak 783 orang luka berat dan 570 orang luka ringan. Korban luka-luka paling banyak terdapat di Lombok Utara sebanyak 640 orang. Sementara itu, pengungsi sebanyak 387.067 orang yang tersebar di ribuan titik pengungsian.

Sebaran dari pengungsi adalah di Kabupaten Lombok 198.846 orang, Lombok Barat 91.372 orang, Kota Mataram 20.343 orang, dan Lombok Timur 76.506 orang. Kerusakan fisik meliputi 67.875 unit rumah rusak, 606 sekolah rusak, 6 jembatan rusak, 3 rumah sakit rusak, 10 puskesmas rusak, 15 masjid rusak, 50 unit mushola rusak, dan 20 unit perkantoran rusak.

Baca: Atjeh Connection Foundation Serahkan Bantuan kepada Pengungsi di Lombok

Sementara itu, Komandan Satgas Penanggulangan Bencana Gempa Lombok Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani pada Minggu (12/8) malam mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah pasca gempa 7 SR yang terpusat di Lombok Utara.

“Kami sudah melakukan pendataan dan verifikasi masih dilakukan petugas. Pendataan dan verifikasi rumah diprioritaskan agar terdata jumlah kerusakan rumah dengan nama pemilik dan alamat mereka,“ kata Faisal.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa bantuan logistik terus didistribusikan kepada pengungsi. Saat ini bantuan logistik maupun relawan terus berdatangan ke Lombok. Namun, yang menjadi persoalan adalah terbatasnya jumlah kendaraan untuk mengangkut penyaluran bantuan.

Berbagai upaya telah dilakukan guna mempercepat distribusi bantuan yaitu mengerahkan relawan, camat memobilisasi para lurah dan kepada desa di daerahnya untuk mendata dan mendistribusikan logistik kepada warganya yang mengungsi, kendaraan operasional SKPD digunakan untuk mendistribusikan bantuan.

“Kami telah siapkan 2.000 pasukan TNI yang siap membantu warga, apa yang mereka butuhkan TNI siap membantu, jadi di setiap desa kami sudah siapkan anggota,” tambahnya.

“Jumlah korban diprediksi akan terus bertambah, saat ini saja telah mencapai 401 korban meninggal dunia,” tutup Faisal.

Baca Juga: TIM Sumbang Rp 33 Juta ke Warga Aceh di NTB

[FOTO] Melihat Lebih Dekat Gempa Pidie Jaya

Tinggi Abu Vulkanik Sinabung Capai 5000 Meter