Home / ACEH / Gajah Kembali Mati di Aceh Timur

Gajah Kembali Mati di Aceh Timur

Ilustrasi gajah mati. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Seekor gajah Sumatera atau Elephas Maximus Sumatranus kembali ditemukan mati di pedalaman Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Kamis, 9 Agustus 2018.

Wakapolres Aceh Timur Kompol Apriadi dalam keterangannya kepada Klikkabar.com mengatakan, gajah yang diduga awal berjenis kelamin jantan itu ditemukan tergeletak tak bernyawa di HGU perusahaan yang kini dikelola oleh warga.

Bangkai gajah pertama kali ditemukan oleh salah seorang warga yang kebetulan sedang melintas sepulangnya dari ladang, sekitar pukul 15.00 WIB.

“Gajah yang mati itu berada di Desa Cek Eumbon, Kecamatan Peureulak,” kata Kompol Apriadi, Jum’at, 10 Agustus 2018.

Lebih lanjut, ia merincikan bahwa kondisi gajah yang ditemukan mati itu masih memiliki gading yang utuh. Pemburu yang membunuh gajah biasanya mengambil gading untuk diperjualbelikan di pasar gelap.

Selain itu, bagian belalai gajah terlihat seperti luka hangus atau terbakar, yang diduga karena kesetrum. Keberadaan pagar kawat di lahan milik warga tak jauh dari posisi gajah juga semakin memperkuat dugaan tersebut.

“Kita sudah berkoordinasi dengan BKSDA Aceh dan FKL. Tim medis akan segera ke lokasi, untuk memastikan penyebab kematian hewan dilindungi itu,” tutup Kompol Apriadi.

Baca Juga: PT Bumi Flora dan Kematian Gajah yang Terulang

7 Fakta Bunta, Gajah Jinak yang Mati di Aceh Timur

Kembali Bahas Konflik Gajah Liar, BKSDA dan FKL Temui Bupati Aceh Timur