Home / ACEH / Dirjen Otda: Kita Hormati Aceh, Segera Diperbaiki!

Dirjen Otda: Kita Hormati Aceh, Segera Diperbaiki!

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (Soni). | Detik

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Dr.Sumarsono,MDM sebelumnya menyebutkan, meski di Aceh terdapat DPR dari Partai Lokal yang akan maju kembali dalam Pileg 2019 menggunakan Partai Nasional, dengan kata lain pindah partai, tetap harus di lakukan Pergantian Antar Waktu (PAW), begitu ungkap Sumarsono saat menjawab Klikkabar.com, Selasa malam 7 Agustus 2018.

Namun, Kamis 9 Agustus 2018 Sumarsono membantah soal itu, ia mengaku Surat Edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) yang telah dikirim ke pihak berwenang termasuk ke Aceh, menurutnya kurang lengkap khususnya untuk Aceh, karena Aceh punya Undang-undang Pemerintah Aceh (UUPA) dan akan segera diperbaiki kembali, katanya.

“SE Kemendagri, kurang lengkap terkait Aceh. Akan segera dibuat surat yang melengkapi khusus Aceh, Parlok boleh rangkap partai dan tak perlu mundur dari parlok, kerena diatiur dalam UUPA. Kita hormati,” ujar Sumarsono yang juga mantan Plt Gubernur DKI Jakarta kepada media ini.

Sebelumnya, surat perintah PAW tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Surat Edaran sesuai ketentuan Pasal 139 ayat (2) huruf i dan Pasal 193 ayat (2) huruf i UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, anggota DPRD yang menjadi caleg bukan dari partai terakhirnya, tapi menjadi Caleg 2019 – 2024 lewat partai lain diberhentikan antar waktu.

Lantas, pakah Parlok di Aceh, jika DPR nya maju ke Senayan menggunakan parnas harus di PAW juga? “Iya,” begitu jawaban Dirjen Otda, kemarin.