Home / ACEH / Pertumbuhan Ekonomi Aceh Menurun

Pertumbuhan Ekonomi Aceh Menurun

Kepala Tim Pengembangan Ekonomi KPw Bank Indonesia Aceh, Sunarso memaparkan materi kegiatan “Edukasi Ekonomi dan Keuangan Syariah” di Mata Ie Resort, Sabang, Senin, 23 Juli 2018. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, SABANG – Pertumbuhan ekonomi Aceh pada triwulan I tahun 2018 menurun dibandingkan triwulan tahun 2017 dengan inflasi kisaran target nasional.

Hal ini disampaikan Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Aceh, Sunarso saat memaparkan materi kegiatan “Edukasi Ekonomi dan Keuangan Syariah” di Mata Ie Resort, Sabang, Senin, 23 Juli 2018.

Kegiatan ini berlangsung hingga Rabu, 25 Juli 2018 dan diikuti oleh puluhan jurnalis lokal dan nasional wilayah liputan Kota Banda Aceh dan Lhokseumawe.

“Sampai triwulan 2018 ekonomi Aceh masih 3,43 persen, menurun dibandingkan sebelumnya yang mencapai 3,58 persen. Posisi Aceh saat ini di peringkat 8 dari 10 provinsi di Sumatera,” kata Sunarso.

Ia mengatakan, dengan alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) terbesar di Sumatera, seharusnya Aceh mencapai peringkat teratas pertumbuhan ekonomi daripada provinsi lainnya.

Sunarso juga menyebutkan beberapa penyebab pertumbuhan ekonomi Aceh menurun. Menurut dia, salah satunya yaitu macet proyek APBA, di mana sangat banyak proyek yang seharusnya segera dikerjakan tetapi belum dikerjakan.

“Kita berharap pada tahun ini (pertumbuhan ekonomi) bisa merubah dan meningkat, apalagi Aceh memiliki banyak potensi alam, jika dikelola dengan baik pasti berubah,” tambahnya. []