Home / BERITA TERBARU / Jokowi Terima Kunjungan Presiden Keturunan Maluku

Jokowi Terima Kunjungan Presiden Keturunan Maluku

KLIKKABAR.COM, JAWA BARAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M. Christian, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu 18 Juli 2018.

Peter M. Christian dan rombongan tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 10.00WIB, disambut meriah Alunan Gondang Tapanuli Selatan.

Pasukan marching band, pasukan berkuda, dan pasukan pakaian adat dari Paspampres mengawal iring-iringan mobil Presiden Federasi Serikat Mikronesia dan rombongan saat memasuki Istana, Anak-anak sekolah berpakaian adat berbaris rapi mengibarkan bendera kedua negara.

Kehadiran Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M. Christian disambut hangat oleh Presiden Jokowi di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor.

Setelah bersalaman, kedua kepala negara tersebut kemudian mengikuti upacara‎ penyambutan resmi, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan yang diselingi dengan 21 dentuman meriam.

Federasi Mikronesia (Federated States of Micronesia) adalah sebuah negara kepulauan berdaulat di Samudra Pasifik, yang terdiri dari 4 (empat) negara bagian, yaitu Yap, Chukk, Pohnpei, dan Kosrae.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggatakan, merupakan kehormatan bagi dirinya, bagi Indonesia dapat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Peter Christian dari Federasi Serikat Mikronesia. Kunjungan ini adalah kunjungan pertama Presiden Peter Christian ke Indonesia.

Meskipun jarak Indonesia dan Federasi Serikat Mikronesia cukup jauh, 7 jam lebih penerbangan langsung, namun menurut Presiden, banyak kesamaan yang dimiliki kedua negara.

“Kita adalah sama-sama bangsa Pasifik, kita sama-sama negara kepulauan. Mikronesia memiliki 600 pulau dan Indonesia memiliki lebih dari 17. 000 pulau,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Federasi Serikat Mikronesia, Peter Christian, di ruang Garuda.

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara yang tidak asing bagi Presiden Christian. “Beliau memiliki darah keturunan Indonesia, yaitu keturunan Maluku, generasi ketiga di Mikronesia,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan ke Indonesia ini, lanjut Presiden Jokowi, Presiden Christian juga akan pulang kampung ke Ambon. “Hal ini merupakan bukti bahwa ikatan antar masyarakat kedua negara sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu,” ucapnya.