Home / BERITA TERBARU / Generasi Emas Belgia Kembali Kandas

Generasi Emas Belgia Kembali Kandas

Timnas Belgia. (Pool Photo via AP)

KLIKKABAR.COM – Sekali lagi, generasi emas Belgia kembali gagal meraih trofi. Setelah memperlihatkan tren positif di Piala Dunia 2018 Rusia sampai semifinal, Belgia tunduk dari Prancis (0-1), Rabu (11/7) dini hari WIB tadi.

Nama-nama besar yang sedang on fire seperti Courtois, Vincent Kompany, Kevin De Bruyne, Fellaini, Eden Hazard hingga R. Lukaku dipaksa bertekuk lutut dari Prancis dalam laga yang berlangsung di Stadion Zenit Petersburg.

Dikutip dari Bola.com, permainan Belgia sebenarnya pantas disebut sebagai salah satu yang terbaik di Piala Dunia kali ini. Mereka selalu bermain terbuka, menyerang dan menampilkan sepak bola yang menarik serta menghibur.

Di perempatfinal, Brasil pun dibuat tak berdaya saat serangan balik cepat Belgia yang diprakarsai Kevin De Bruyne. Pasukan Samba dipaksa menyerah 2-1.

Begitu juga dengan pencapaian sebelumnya, Belgia berhasil keluar sebagai juara grup setelah mengungguli Inggris yang harus puas berada di posisi kedua.

Di babak 16 besar, Belgia menampilkan permainan terbaiknya saat harus tertinggal 2-0 dari Jepang dan mampu membalikkan keadaan menjadi 3-2.

Torehan empat besar dan mencapai semifinal sebenarnya sudah lebih di atas target Belgia yang ditetapkan sebelum turnamen. Tetapi itu saja tak cukup, hanya juara yang mereka inginkan, dan hanya juara yang akhirnya dikenang.

“Saya sangat kecewa. Ini bukan soal menjalani turnamen yang bagus dan berakhir jadi empat tim terbaik, ini adalah soal menjadi juara,” kata pelatih Roberto Martinez.

Memang benar masih terlalu awal untuk mengevaluasi kinerja Martinez dan Belgia. Tetapi saat ini dia percaya Belgia harus melakukan peremajaan skuat demi menjadi semakin kuat di turnamen-turnamen berikutnya.

“Hal ini terjadi di turnamen besar, kami harus melihat lagi generasi yang lebih muda dan mencoba menjadi lebih kuat dari turnamen ke turnamen lainnya,” sambungnya.

“Dan sebagai pelatih saya sudah memandang Euro 2020 jadi saat in masih belum tepat untuk menilai apa pun,” tutup dia.

Perebutan tempat ketiga akan berlangsung pada Sabtu (14/7) pukul 21.00 WIB mendatang, menunggu laga semifinal lainnya antara Kroasia dan Inggris.