Home / ACEH / Kuota 120 Persen Tetap Berlaku di Aceh

Kuota 120 Persen Tetap Berlaku di Aceh

Kantor KPU | Foto : Berita Satu

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – KPU RI akhirnya menyetujui permintaan DPR Aceh tentang syarat pengajuan bakal calon anggota DPRA/DPRK di Aceh yang didaftarkan partai politik ke KIP.

Sebelumnya, KPU menetapkan calon anggota legislatif yang wajib diajukan ke KIP pada Pemilu 2019 sebanyak 100 persen dari jumlah kursi di setiap daerah pemilihan.

Keputusan itu dianggap DPRA berbenturan dengan kekhusunan Aceh, di mana dalam Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2003 tentang partai lokal disebutkan bahwa pengajuan kouta caleg harus 120 persen.

Sehingga pada tanggal 2 Juli 2018, DPR Aceh mengirim surat ke KPU RI supaya keputusan itu dibatalkan.

Kemudian, pada Senin 9 Juli 2018, KPU RI membalas surat itu. Dalam surat tersebut, disebutkan bahwa bakal calon anggota legislatif yang wajib diajukan ke KIP pada Pemilu 2019 sebanyak 120 persen dari jumlah kursi di setiap daerah pemilihan.

“Bersasarkan Pasal 80 UUPA dan Pasal 15, Pasal 16 dan Pasal 17 Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2018 tentang partai politik lokal peserta pemilu DPRA/DPRK di wilayah Aceh yang disusun dan ditetapkan oleh partai lokal Aceh peserta pemilu dapat membuat paling banyak 120 persen dari jumlah kursi pada setiap dapil yang telah ditetapkan KPU,” demikian isi dari surat itu.

Surat itu ditandatangani Ketua KPU RI, Arief Budiman dan ditujukan kepada Ketua DPR Aceh. []