Home / BERITA TERBARU / Aktivis HAM Swedia Rela Berjalan Kaki Ke Palestina

Aktivis HAM Swedia Rela Berjalan Kaki Ke Palestina

Seorang aktivis asal Swedia, Benjamin Ladraa, sedang menjalankan misi berjalan kaki sejauh 5.000 Km dari negaranya ke Palestina/Anadolu.

KLIKKABAR.COM, RAMALLAH –Presiden Palestina Mahmoud Abbas memberikan kewarganegaraan Palestina kepada aktivis Swedia Benjamin Ladraa.

Hal itu merupakan bentuk apresiasi terhadap Ladraa yang telah berjalan kaki dari Swedia ke Palestina dalam rangka mengampanyekan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dialami rakyat Palestina.

“Langkah ini diambil (pemberian kewarganegaraan) untuk menghargai upaya Ladraa dan posisinya dalam mendukung rakyat Palestina,” kata Abbas pada Jumat 6 Juli 2018 seperti dilaporkan kantor berita Palestina¬†WAFA, yang dikutip via Rol.

Pada Kamis kemarin, Ladraa, yang baru saja tiba di perbatasan Israel dari Yordania, sempat dilarang memasuki Palestina oleh polisi Israel. Juru bicara Hamas Fawzi Barhoum mengatakan larangan itu mencerminkan kebijakan isolasi Israel terhadap rakyat Palestina. Pelarangan tersebut sekaligus memperlihatkan ketidakadilan serta tekanan pada rakyat Palestina.

Dalam perjalanannya Ladraa melintasi sejumlah negara, antara lain Jerman, Austria, Slovenia, Kroasia, Serbia, Bulgaria, Turki, Lebanon, Yordania, kemudian tiba di Palestina.

Ladraa memulai perjalanannya dari Swedia sekitar setahun lalu. Aktivis berusia 25 tahun itu sengaja berjalan kaki agar dunia peka dan menyadari tentang pelanggaran HAM yang dialami rakyat Palestina.