Home / BERITA TERBARU / Jelang Piala Dunia, Spanyol Pecat Pelatih Julen Lopetegui

Jelang Piala Dunia, Spanyol Pecat Pelatih Julen Lopetegui

Julen Lopetegui. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM – Menjelang kick off Piala Dunia 2018 di Rusia, Spanyol memutuskan untuk memecat pelatih utama mereka, Julen Lopetegui.

Dilansir dari ​Footballespana, pemecatan tersebut dilakukan hanya berselang satu hari sebelum kompetisi dilangsungkan.

Pemecatan ini terjadi tidak sampai 24 jam setelah sang pelatih ditunjuk menjadi pelatih Real Madrid setelah Piala Dunia 2018 usai.

Menurut sumber yang beredar seperti dilansir dari FTB90, pemecatan ini merupakan akibat dari keputusan Lopetegui yang menerima pinangan dari El Real.

Pihak federasi sepak bola Spanyol menganggap kesepakatan antara Lopetegui dan Real Madrid, yang dilakukan tanpa memberitahu pihak federasi Spanyol, sebagai pelanggaran etik.

Hal ini jelas menjadi pukulan berat bagi Timnas Spanyol secara keseluruhan, apalagi mereka dihadapkan dengan ekspektasi tinggi untuk mampu kembali meraih gelar juara dunia seperti pada 2010 lalu.

Di sisi lain, catatan Lopetegui sebagai pelatih Spanyol pun cukup impresif. Sejak penunjukkannya pada Juli 2016 lalu, dia belum tersentuh kekalahan di semua laga bersama Spanyol.

Catatannya masih kokoh di angka 14 kemenangan dan enam hasil imbang sebelum memasuki Piala Dunia 2018.

Masih belum jelas siapa yang akan menggantikan posisi Lopetegui di Timnas Spanyol.

Kemungkinan besar bahwa juara Euro 2012 tersebut akan bertanding tanpa pelatih kala menghadapi laga pertama mereka di Piala Dunia 2018 melawan Portugal, 15 Juni mendatang.