Home / ACEH / 3 Pencetus Kebakaran di Aceh

3 Pencetus Kebakaran di Aceh

Ilustrasi kebakaran (Dok. Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Kepala Dinas Pemadam dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, M Nurdin mengimbau kepada seluruh warga Kota Banda Aceh untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran.

“Kepada seluruh masyarakat Kota Banda Aceh dan sekitarnya, mari kita sambut lebaran Idul Fitri 1439 H dengan perasaan suka cita dan penuh kegembiraan namun tetap dalam kondisi waspada, terutama waspada terhadap kebakaran, jangan karena lelah dan lalai justru menjadi musibah,” kata Nurdin kepada Klikkabar.com, Kamis 14 Juni 2018.

Menurut Nurdin, setidaknya ada tiga penyebab terjadinya kebakaran di Banda Aceh dan Aceh umumnya yang harus diwaspadai. Yang pertama kompor, Nurdin menjelaskan bahwa kompor memiliki resiko yang tinggi jika ditinggal.

“Kebakaran sering terjadi pada saat menjelang lebaran diakibatkan oleh kompor akibat ditinggal karena kelelahan,” sebut Nurdin.

Yang kedua listrik, pada bagian ini Nurdin menjelaskan konslet terjadi karena pemakaian listrik berlebihan dan jaringan listrik di bawah standar.

Kemudian, yang terakhir akibat mercon atau petasan. Pada bagian ini, kata Nurdin, kebakaran kerap terjadi karena alat peledak itu digunakan oleh anak-anak tanpa pengawasan orang tua.

“Untuk itu waspadai dan selalu cermat dalam menggunakan kompor, listrik, mercon/petasan. Mencegah lebih baik. Bila terjadi kebakaran, silahkan hubungi pos piket pemadam kebakaran yang bertugas 1 x 24 jam melalui call center; Telp : 0651 44123, HP : 0812 6969 820,” ujar Nurdin. []