Home / ACEH / Irwandi Hadiahkan Rp 100 Juta Buru Pembunuh Bunta

Irwandi Hadiahkan Rp 100 Juta Buru Pembunuh Bunta

Bunta, gajah jinak yang terbunuh di CRU Serbajadi, Aceh Timur. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf akhirnya memberikan respon terhadap kematian Bunta, gajah patroli dan penghalau yang ada di Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi, Aceh Timur.

Bunta ditemukan mati di dekat kamp CRU pada Sabtu (9/6) dalam keadaan yang mengenaskan. Gadingnya hilang satu. Bunta dibunuh oleh pemburu dengan cara diracun.

Baca: Bunta, Gajah Jinak Sumatera Dibunuh di Aceh Timur

Kematian Bunta jelas merupakan kejadian yang tidak bisa diterima. Bunta yang selama ini mengemban tugas mulia selain karena statusnya yang dilindungi oleh undang-undang, tega dibunuh dengan cara yang sangat keji.

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh pun berinisiatif untuk memberikan hadiah sebesar Rp 10 juta kepada siapa saja yang memberikan informasi pasti tentang keberadaan dan identitas si pemburu.

Sejumlah NGO pun ikut ambil andil, seolah bersemangat memburu si pemburu dan bersedia menambahkan hadiahnya. Mereka adalah Forum Konservasi Leuser (FKL), Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA), Wildlife Conservation Society (WCS), Orangutan Informastion Center (OIC) dan Yayasan Ekosistem Lestari (YEL).

Baca: Buru Pembunuh Bunta, BKSDA Sediakan Hadiah Rp 10 Juta

Leuser Coffee Sediakan Kopi Gratis Seumur Hidup, Mau?

Total hadiah yang disediakan sampai Selasa (12/6) mencapai Rp 30,5 juta. Tidak hanya itu, pemilik salah satu warung kopi di Banda Aceh juga menawarkan hadiah fantastis. Si pemberi informasi dijanjikan bisa menikmati kopi seumur hidupnya secara gratis di Leuser Coffee yang ada di kawasan Lampineung, Banda Aceh.

Respon Gubernur Aceh

Kejadian tersebut tidak luput dari perhatian Gubernur Irwandi Yusuf. Tidak tanggung-tanggung, ia menyiapkan hadiah sebesar Rp 100 juta, melengkapi beberapa hadiah yang telah disediakan sebelumnya bagi pemberi informasi tentang si pemburu.

Berikut isi postingan yang dikutip Klikkabar.com dari laman Facebook milik Irwandi Yusuf, Rabu (13/6).

Hadiah Rp 100 Juta dari Gubernur Aceh. Bagi yang dapat memberikan informasi akurat, mengarahkan aparat penegak hukum untuk menangkap pelaku pembunuhan gajah jinak bernama Bunta di Aceh Timur. Yang ingin memberikan info akurat harap mengirimkannya ke email saya: @[email protected],” tulisnya.

Kerahasiaan dijamin oleh Gubernur,”tambahnya lagi.

Baca Juga: Konflik Gajah dan Manusia, Rocky: Kita Harus Tetap Menjaga Gajah

FKL: Deforestasi Faktor Utama Pemicu Konflik Gajah dan Manusia