Home / BERITA TERBARU / Trump dan Jong-un Tandatangani Dokumen Komprehensif

Trump dan Jong-un Tandatangani Dokumen Komprehensif

Kim Jong-un dan Donald Trump saat menandatangani dokumen komprehensif di Singapura, Selasa (12/6). (Istimewa)

KLIKKABAR.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dengan menyebutnya sangat pintar dan merupakan negosiator yang keras.

Hal itu dikatakan Trump di sela-sela acara penandatangan dokumen komprehensif menyusul pertemuan bersejarah mereka di Singapura, Selasa (12/6).

Pertemuan tersebut ditujukan untuk denuklirisasi Semenanjung Korea. Namun, dokumen tersebut tidak diketahui rinciannya secara pasti.

“Saya belajar dia adalah pria yang sangat berbakat. Saya juga belajar bahwa dia sangat mencintai negaranya,” ujar Trump seperti dilansir dari Sindo, Selasa (12/6/2018).

Sebelum menandatangani apa yang disebut Trump sebagai surat komprehensif”, Kim Jong-un mengatakan bahwa pertemuan bersejarah itu dilakukan untuk meninggalkan masa lalu.

Trump menimpali pernyataan Jong-un dengan mengatakan ia telah membentuk ikatan sangat istimewa dengan Kim Jong-un dan hubungan dengan Korut akan sangat berbeda.

“Orang-orang akan sangat terkesan dan orang-orang akan sangat bahagia dan kami akan mengurus masalah yang sangat berbahaya bagi dunia,” kata Trump.

Ditanya apakah dia akan mengundang Kim Jong-un ke Gedung Putih, Trump berkata: “Tentu saja, saya akan mengundangnya,” timpalnya.