Home / ACEH / Leuser Coffee Sediakan Kopi Gratis Seumur Hidup, Mau?

Leuser Coffee Sediakan Kopi Gratis Seumur Hidup, Mau?

Foto: Istimewa.

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Kematian Bunta, gajah jinak Sumatera yang ada di Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi, Aceh Timur, menimbulkan kecaman dan reaksi dari berbagai pihak.

Para pegiat konservasi ramai-ramai mengecam aksi biadab yang dilakukan oleh pemburu dengan cara meracuni dan mengambil gading gajah malang yang telah ditempatkan di CRU Serbajadi sejak 2016 silam itu.

Baca: Bunta, Gajah Jinak Sumatera Dibunuh di Aceh Timur

Kepala Balai Konservasi dan Sumber daya Alam (BKSDA) Aceh pun berinisiatif untuk mengadakan semacam sayembara dan menyediakan hadiah sebesar Rp 10 juta bagi siapa saja yang memberikan info akurat tentang keberadaan pemburu.

Baca: Buru Pembunuh Bunta, BKSDA Sediakan Hadiah Rp 10 Juta

Bunta, gajah jinak yang ditemukan mati terbunuh di dekat areal CRU Serbajadi, Aceh Timur, Minggu, 10 Juni 2018. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Tidak hanya itu, salah seorang owner warung kopi yang ada di Banda Aceh, Danurfan, 32, juga berinisiatif ikut berkontribusi untuk mengungkap keberadaan serta memberi informasi tentang si pemburu.

“Kita akan memberikan hadiah bagi siapa saja yang berhasil menemukan si pemburu. Hadiahnya bisa ngopi gratis seumur hidup di Leuser Coffee,” kata sosok yang akrab disapa Bang Gem itu saat dihubungi Klikkabar.com, Senin (11/6).

Bagi si pemberi informasi, Danurfan mengatakan bisa menghubungi pihaknya atau bisa langsung datang ke warung kopi yang terletak di Jl. T. Panglima Nyak Makam, Lampineung, Banda Aceh.

Ia juga berharap agar pemburu dan jaringannya dapat segera diungkap oleh aparat penegak hukum dan bila perlu dijatuhi hukuman seberat-beratnya, meski selama ini dikatakannya para penjahat lingkungan kerap mendapat keringanan hukuman saat berhadapan dengan hukum.

“Ini hanya lah kontribusi kecil kami terhadap dunia konservasi, semoga pembunuh Bunta segera tertangkap,” tutup Danurfan.

Baca Juga: Foto: Aksi Global March for Elephants and Rhino Aceh di Pedalaman Aceh Timur

FKL: Deforestasi Faktor Utama Pemicu Konflik Gajah dan Manusia

Surga Kehidupan Itu Bernama Rawa Singkil