Home / ACEH / Kibarkan Bintang Bulan, Ketua YARA Diinterogasi Polisi

Kibarkan Bintang Bulan, Ketua YARA Diinterogasi Polisi

IST

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin diperiksa Intelkam Polda Aceh di mapolda setempat, Minggu 10 Juni 2018.

Pemeriksaan tersebut dilakukan terkait pengibaran bendera bintang bulan di halaman kantor YARA, Kampung Kramat, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Misbahul Munauwar dalam rilisnya mengatakan, Safaruddin Yara diperiksa karena telah mengibarkan bendera bintang bulan pada tanggal 10 Juni 2018 sekira pukul 09.00 WIB. Bendera tersebut dikibarkan berdampingan dengan bendera merah putih di kantor tersebut.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil interogasi, tujuan Safarudin menaikan bendera bintang bulan adalah menjalankan Qanun Nomor 3 tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh walau hal tersebut disadari bertentangan dengan PP no 77 /2007 seperti yang dilakukan oleh Gubernur Aceh.

“Dimana menurut Safaruddin gubernur Aceh juga menjalankan Qanun nomor 6 tahun 2016 tentang Penyelenggara Pemilukada dengan tidak melantik anggota KIP yang sudah diputuskan oleh KPU walau hal tersebut bertentangan dengan Undang-undang nomor 7/2017 tentang Pemilu bahkan bertentangan dengan UUPA no 11/2006 tentang Pemerintahan Aceh,” ujarnya.

Kombes Misbahul menjelaskan, pada pukul 15.00 WIB interogasi terhadap Safaruddin selesai dilaksanakan dan diizinkan untuk pulang.

“Sementara barang bukti berupa bendera bintang bulan diamankan di Dit Intelkam,” sebut Kombes Misbahul. []