Home / ACEH / Buru Pembunuh Bunta, BKSDA Sediakan Hadiah Rp 10 Juta

Buru Pembunuh Bunta, BKSDA Sediakan Hadiah Rp 10 Juta

Bunta, gajah jinak yang ditemukan mati terbunuh di dekat areal CRU Serbajadi, Aceh Timur, Minggu, 10 Juni 2018. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR –BKSDA ACEH DAN MITRA AKAN MEMBERIKAN HADIAH Rp 10 JT BAGI SIAPAPUN YANG BISA MEMBERIKAN INFO AKURAT PEMBUNUH BUNTA #BURUPEMBUNUH

Kalimat diatas adalah postingan yang diunggah oleh Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo di laman media sosial facebook miliknya, Minggu (10/6) malam.

Hingga Senin (11/6) pagi, postingan tersebut telah mendapat 85 like, 34 komentar dan dibagikan sebanyak 52 kali.

“Kita menghimbau bagi siapa saja yang mengetahui pasti keberadaan atau informasi tentang pelaku agar segera melaporkannya ke polisi atau pihak BKSDA,” katanya saat dihubungi Klikkabar.com.

Ia menambahkan, siapa saja berhak mendapatkan hadiah jika mampu memberikan informasi yang akurat termasuk polisi sekalipun.

“Kita akan jamin kerahasiaan identitas si pemberi informasi dan kita berharap pelaku dan jaringannya bisa segera terungkap,” kata Sapto Aji Prabowo.

Baca: Bunta, Gajah Jinak Sumatera Dibunuh di Aceh Timur

Diberitakan sebelumnya, seekor gajah Sumatera ditemukan mati mengenaskan di Desa Bunin, Kec. Serbajadi, Kab. Aceh Timur, Sabtu (9/6).

Gajah tersebut merupakan gajah jinak yang selama ini ditempatkan di Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi sejak tahun 2016 silam.

Keberadaan CRU Serbajadi bersama empat ekor gajah jinak yang ada disana, termasuk gajah jantan yang ditemukan mati kemarin adalah untuk meminimalisir tingkat gangguan serta menggiring kawanan gajah liar yang kerap turun ke lahan penduduk kembali ke habitatnya.

Tim medis BKSDA Aceh serta dibantu pawang gajah pun telah melakukan nekropsi pada Minggu (10/6) pagi tadi. Beberapa organ tubuh Bunta diambil dan dibawa ke laboratorium untuk memastikan penyebab pasti kematiannya.

Baca Juga: Tim Medis BKSDA Nekropsi Gajah Jinak yang Mati di CRU Serbajadi

FKL: Deforestasi Faktor Utama Pemicu Konflik Gajah dan Manusia

Menguak Kerusakan Suaka Margasatwa Rawa Singkil