Home / ACEH / Bunta, Gajah Jinak Sumatera Dibunuh di Aceh Timur

Bunta, Gajah Jinak Sumatera Dibunuh di Aceh Timur

Petugas BKSDA Aceh sedang melihat bangkai Bunta, gajah jinak Sumatera yang ditemukan mati terbunuh di CRU Serbajadi, Aceh Timur, Minggu, 10 Juni 2018. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Seekor gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) ditemukan mati di areal lahan yang ada di Desa Bunin, Kec. Serbajadi, Kab. Aceh Timur, Sabtu, 9 Juni 2018.

Menurut informasi yang diperoleh Klikkabar.com, gajah Sumatera berjenis kelamin jantan itu merupakan gajah jinak yang selama ini ditempatkan di Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi.

Keberadaan CRU Serbajadi bersama empat ekor gajah jinak yang ada disana, termasuk gajah jantan yang ditemukan mati kemarin adalah untuk meminimalisir tingkat gangguan dan menggiring kawanan gajah liar yang kerap turun ke lahan penduduk.

Kepala Balai Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo membenarkan perihal kejadian tersebut dan ia menerima kabar kematian gajah malang itu pada Sabtu (9/6) pagi.

“Tim medis BKSDA sudah tiba di Aceh Timur. Koordinasi telah dilakukan dengan pihak kepolisian terkait langkah-langkah yang akan diambil (pagi ini) untuk menyelidiki penyebab kematian gajah,” kata Sapto Aji Prabowo, Minggu (10/6).

Ia juga mengecam dan menyebut tindakan yang dialami oleh gajah itu sebagai perlakuan yang biadab karena selama ini gajah-gajah jinak yang ada di CRU Serbajadi berperan besar serta membantu menanggulangi konflik gajah dan manusia.

“Kita berharap pelaku bisa segera ditangkap dan dihukum sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Baca Juga: Lagi, Gajah Mati Ditemukan di Aceh Timur

Lagi, Dua Ekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Pedalaman Aceh Timur

Sejak 2012, Ada 44 Kasus Kematian Gajah di Aceh