Home / ACEH / Guru Besar UIN Dukung Berdirinya Kementerian Pondok Pesantren

Guru Besar UIN Dukung Berdirinya Kementerian Pondok Pesantren

Foto: Ist

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof Syamsul Rijal mendukung penuh wacana yang diusulkan oleh sejumlah ulama Aceh agar pemerintah mendirikan kementerian khusus yang mengurusi masalah dayah atau pesantren.

“Aceh yang sudah punya Dinas Pendidikan Dayah harus mengawal wacana yang pernah disampaikan ini,” kata Prof Syamsul kepada Klikkabar.com, belum lama ini di Banda Aceh.

Seperti diketahui, Waled Nuruzzahri yang mewakil ulama Aceh memberi beberapa masukan kepada tokoh nasional asal Aceh, Surya Paloh beberapa waktu lalu di Banda Aceh. Salah satu usulan tersebut yaitu untuk mendirikan kementerian khusus yang mengurusi masalah dayah atau pesantren.

Menanggapi hal tersebut, Surya Paloh dalam kesempatan itu berjanji masukan tersebut akan disampaikan kepada Presiden Jokowi.

“Itu saya kira urusan politik, tetapi Aceh sudah punya dasar (Dinas Dayah) maka harus mengawalnya,” ujar Prof Syamsul.

Selain itu, kata Prof Syamsul, untuk memajukan dayah juga diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Ini bertujuan agar alumni dayah dapat bersaing dengan lulusan lainnya nanti.

“santri daya harus menguasai sektor SDM dalam mentransformasikan nilai keislaman dalam ragam sudut pengetahuan dan kebutuhan umat seperti dalam bidang pertanian, ekonomi, budaya dan politik,” kata Prof Syamsul.