Home / ACEH / Kadis Pendidikan Aceh: Tes UKG Tidak Ada yang Dirugikan, Malah Menguntungkan

Kadis Pendidikan Aceh: Tes UKG Tidak Ada yang Dirugikan, Malah Menguntungkan

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH- Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, S.Pd, M.Pd menegaskan, proses Uji Kompetensi Guru (UKG) tidak ada yang dirugikan, malah kata dia, yang lulus dari UKG itu akan sangat diuntungkan.

“Tes UKG ini tidak ada yang dirugikan. Bagi mereka yang belum berhasil akan menerima penghasilan seperti selama ini, namun masih dalam kategori rendah,” ujarnya kepada Klikkabar.com, Senin 4 Juni 2018 saat ditemui usai salat dhuhur.

Lebih lanjut kata dia, bagi yang lulus dari UKG, para guru akan menerima penghasilan yang telah terpola dengan kategori tinggi, maka kata dia, palaksanaan UKG tidak ada yang dirugikan.

“Belum ada satu pernyataan pun yang menyebutkan, akan memutus kontrak/tidak dipekerjakan lagi bagi mereka yang tidak lulus tes, sehingga akan menjadi pengangguran,” lanjutnya.

Oleh sebab itu kata dia lagi, kepada seluruh guru yang belum berhasil lulus dalam uji kompetensi tidak perlu resah dengan berbagai kemungkinan.

“Teruslah bekerja bagi guru yang belum berhasil lulus, tidak ada pemutusan kontrak kerja bila mereka belum lulus,tidak benar kalau ada yang menyebutkan ada pemutusan kontrak kerja,” ungkap nya.

Lebih lanjut kata dia, dengan adanya tes UKG dan para guru lulus dalam tes tersebut dengan menggunakan sistem komputerisasi maka akan mengakat great guru itu sendiri, disamping pihak dinas akan mengetahui sejauh mana kemampuan yang ada pada guru yang selama ini telah bekerja.

Kemudian Syaridin menambahkan, gaji guru honor, tenaga administrasi, pustakawan dan tenaga kependidikan lainnya yang sudah terdaftar pada Dapodik dan data mereka masuk ke di Disdik Aceh, gaji mereka diupayakan semaksimal mungkin agar bisa dibayar sebelum Idul Fitri, bulan Juni mendatang.

Syaridin berharap kepada para pendidik khususnya tenaga honorer untuk bersabar, semoga hak mereka dapat dinikmati menjelang hari raya Idul Fitri nanti.