Home / ACEH / Guru Non PNS Ikut Tes UKG

Guru Non PNS Ikut Tes UKG

KLIKKABAR.COM, LHOKSEUMAWE – Pelaksanaan tes Uji Kopetensi Guru (UKG) Non PNS tahap kedua berjumlah 1.017 orang peserta yang terdiri dari guru SMA, SMK dan SLB yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh. Tes UKG tersebut berlangsung di lima titik lokasi pelaksanaan yang terdapat di dua kabupaten, masing-masing di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, M.Pd usai melakukan monitoring pelaksanaan tes ujian tahap dua UKG tersebut, Sabtu 2 Juni 2018 mengatakan, “Pelaksanaan tes UKG Non PNS yang dilaksanakan tahap pertama dan tahap kedua tanggal 02-04 Juni 2018 berlangsung secara jujur dan transparan,” ujar Syaridin.

Lebih lanjut kata dia, materi yang diujiankan dalam ujian yang berbasis komputer tersebut terdiri dari kemampuan akademik, pengetahuan umum, pedagogik dan pengetahuan agama sama seperti tes CPNS biasanya, setelah ujian berakhir, peserta dengan langsung bisa mendapatkan hasil jumlah nilai yang diperolehnya.
“Uji kompetensi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Aceh bekerjasama dengan Kemdikbud RI, benar-benar dilaksanakan secara akuntabilitas untuk melahirkan guru yang profesional, ” lanjutnya.
Syaridin menambahkan, peserta tes yang dinyatakan lulus dengan memiliki great nilai yang telah ditentukan akan diberikan gaji oleh Pemerintah Aceh sesuai dengan UMP Aceh sebagai cita-cita Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh untuk mensejahterakan guru honorer.

Pada kunjungan hari pertama pelaksanaan UKG Non PNS, Syaridin turut didampingi ketua panitia yang juga Tim RPJM Gubernur Bidang Pendidikan, Drs.Bakhtiar Ishak dan sejumlah tim lainnya.

Lokasi yang dikunjungi Kadisdik Aceh dan rombongan yaitu pada SMAN 1 dan SMKN 2 Kota Lhokseumawe. Selanjutnya pada SMKN 1 Tanah Luas, SMAN 1 dan SMKN 1 Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.