Home / ACEH / Prof Syamsul: Mahasiswa Harus Menjadi Sosok Problem Solver

Prof Syamsul: Mahasiswa Harus Menjadi Sosok Problem Solver

Ist

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH- Unit Kegiatan Khusus (UKK) Resimen Mahasiswa Unversitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar acara buka puasa bersama serta santunan anak yatim yang berlangsung di kampus setempat, Jumat 1 Juni 2018.

Widya Carstrena Dharma Sida, begitu kata pembuka saat Prof Syamsul mengawali sambutannya pada giatan tersebut. Pria bernama lengkap Prof.Dr.Syamsum Rijal, MA merupakan Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Lebih lanjut kata dia, anggota resimen mahasiswa memiliki tugas dan tanggung jawab kreatif memberikan rasa percaya diri daam kelembagaan dan hadir sebagai sosok mahasiswa yang dinamis dan peduli dengan dinamika kampus, katanya.

” Ajang silaturahim dan berbagi kepada anak yatim dengan makan bersama serta menyantuni mereka adalah perbuatan terpuji dan dianjurkan dalam Islam, selamat untuk keluarga besar Menwa UIN Ar-Raniry,” pungkasnya.

Membangun kepedulian, menurutnya menunjukkan rasa kebersamaan yang perlu ditumbuh suburkan bagi kalangan dunia kampus, sehingga kehadiran kampus ditengah masyarakat dapat dirasakan ditengah kehidupan sosio-religi kekinian.

“Mahasiswa itu harus ada soft skill, bukan hanya hard skill, dengan dimiliki kedua skill tersebut, mahasiswa akan lebih mumpuni ketika berada ditengah masyarakat. Mahasiswa harus menjadi problem solver,” katanya.

Artinya, mahasiswa harus mampu membantu banyak pihak dalam menyelesaikan persoalan ataupun menemukan masalah baru yang harus dipecahkan. Permasalahan yang dihadapi bisa berskala besar atau kecil, simpel atau kompleks, kahadiran mahasiswa harus mampu menyelesaikan hal itu, dan UIN Ar-Arrniry harus mampu menciptakan mahasiswa seprti itu pula, tutupnya.

turut dihadiri juga dalam kegiatan tersebut, para pimpian UKM UIN Ar-Raniry, hadir UKM Karate, UKM SumberPost, UKM Sanggar Seni Seulaweut, dan juga perwakilan mahasiswa asal Patani Thailand (*)