Home / ACEH / Pelanggar Lalin Disuguhi Buka Puasa

Pelanggar Lalin Disuguhi Buka Puasa

IST

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Ratusan pelanggar lalulintas di depan Terminal Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara pada Senin petang, 21 Mei 2018 dibuat kaget oleh personel Satlantas Polres setempat.

Bukan ditilang, pelanggar malah disediakan kursi, disuguhkan hiburan rakyat seperti marawis, disiapkan takjil, bahkan diajak buka bersama oleh Kapolres Aceh Utara.

Tidak hanya itu, jajaran Satlantas Polres Aceh Utara juga menghadirkan ustad, untuk memberikan ceramah agama/tauziah tentang menjaga keselamatan sambil menunggu adzan magrib untuk berbuka puasa bersama.

Dalam razia itu, bagi pengendara yang tertib, Kasatlantas dan jajaran langsung memberikan roti, kue, dan takjil dan kemudian diperbolehkan langsung melanjutkan perjalanan.

Sementara bagi pelanggar diberi dua opsi, yakni ditilang dan melanjutkan perjalanan atau duduk sejenak untuk mendengarkan marawis dan tausiah serta berbuka puasa bersama Kapolres setempat.

Ternyata hampir seluruh pelanggar memilih untuk duduk dan mendengar tauziah dan berbuka puasa bersama.

IST

Kapolres Aceh Utara, AKBP Ian Rizkian Milyardin mengatakan, aksi razia seperti ini merupakan hal yang unik dan baik yang dilakukan dalam bulan Ramadhan.

“Kami ingin menciptakan budaya malu, karena tindakan represif tidak selalu bisa merubah pola masyarakat untuk tertib berlalulintas,” kata AKBP Ian Rizkian.

Kasatlantas Aceh Utara Iptu Sandy Titah Nugraha, SIK mengatakan, razia ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Aceh Utara, dan berhasil menyedot perhatian publik.

Ia berharap, aksi razia tersebut dapat menyadarkan masyarakat untuk tertib berlalulintas. Apalagi, menurut Sandy, menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain sangat dijunjung tinggi dalam Islam.

“Kami sangat berharap ke depan terus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata mantan Kasatlantas Aceh Besar itu. []

MUHAMMAD FADHIL