Home / ACEH / Gugatan Pergub Aceh Berlanjut

Gugatan Pergub Aceh Berlanjut

Foto: Rapat Pimpinan DPR Aceh membahas persiapan penyerahan Dokumen KUA-PPAS RAPBA Tahun 2017, di Ruang Kerja Ketua DPRA Tgk Muharuddin, Selasa 27 Desember 2016 pagi.

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH- Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) tampaknya serius ingin menggugat Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Mendagri, Tjahjo Kumolo karena mensahkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 9 tahun 2018 tentang ABPBA Tahun 2018, serta Pergub Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Acara Hukum Jinayat (cambuk) ke Mahkamah Agung.

Rencananya, gugatan itu didaftarkan ke Mahkamah Agung (MA) dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dalam waktu dekat.

Untuk proses ini, DPRA juga telah menunjuk tiga pengacara yaitu Mukhlis Mukhtar SH, Burhanuddin SH, dan Zulfikar Sawang SH.

“Saat ini, kuasa hukum sedang menelaah secara rinci apakah memungkinkan kita gugat (Pergub APBA) ke PTUN selain ke MA,” kata Ketua DPRA, Muharuddin.

Selain 3 pengacara tersebut, Ketua DPRA, meenyebutkan, pihaknya akan menggandeng Yusril Ihza Mahendra, salah satu pengacara ulung yang sudah berkiprah di kancah nasional.

Bahkan lanjut Muhar, hingga saat ini tim kuasa hukum sudah merampungkan seluruh materi gugatan, dan tinggal mendaftar ke MA.

“Insya Allah minggu depan sudah masuk ke Jakarta (daftar-red),” sambung Ketua DPR Aceh itu, Selasa 22 Mei 2018.

Setelah bahan materi gugatan rampung, Muharuddin menyebutkan, materi tersebut akan diperiksa terlebih dahulu oleh Yusril sebelum mendaftarkan berkas gugatan.