Home / ACEH / Nyak Sandang Bertemu Habib Rizieq di Tanah Suci

Nyak Sandang Bertemu Habib Rizieq di Tanah Suci

Habib Rizieq saat bertemu dengan Nyak Sandang. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Nyak Sandang, pemodal pesawat pertama Indonesia asal Aceh yang sedang melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci Mekah, Arab Saudi mendadak viral.

Senin, 14 Mei 2018, Nyak Sandang kembali menjadi bahan perbincangan setelah foto-fotonya di Tanah Suci bersama Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, beredar di laman media sosial seperti Facebook dan WhatsApp.

Tidak diketahui jelas dimana dan kapan foto-foto tersebut diambil. Terlihat, Habib Rizieq terlihat memeluk erat Nyak Sandang dan di foto lainnya, sosok yang dikenal lantang saat berorasi itu terlihat begitu sumringah.

Habib Rizieq saat bertemu dengan Nyak Sandang. (Foto: Istimewa)

Habib Rizieq saat ini sedang tersandung kasus hukum di Polda Metro Jaya terkait kasus chat pornografi. Sedangkan kasus pencemaran nama baik dan penistaan Pancasila yang menjerat Rizieq di Polda Jawa Barat telah dihentikan pada Jumat (4/5) karena tidak memiliki bukti yang cukup.

Keberangkatan Nyak Sandang ke Tanah Suci pada Selasa, 8 Mei 2018 lalu tidak terlepas dari sumbangsih salah satu hamba Allah asal Semarang, Jawa Tengah yang menyumbangkan hartanya untuk Nyak Sandang.

Nyak Sandang merupakan warga Desa Lhuet, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, mendadak dikenal dalam beberapa bulan terakhir. Pria lanjut usia yang lahir pada 12 Juni 1921 itu dikenal berkat sumbangsih nya pada negeri ini. Dia tercatat sebagai salah satu warga Aceh yang menyumbang uang untuk pembelian pesawat pertama Indonesia saat dia masih berusia 23 tahun.

Bersama orang tua nya, Nyak Sandang menyumbang Rp 100, hhasil penjualan sebidang tanah. Masyarakat Aceh pada tahun 1948 kala itu berhasil mengumpulkan uang sebanyak 120 ribu dolar Singapura dan 20 kilogram emas murni serta diserahkan langsung kepada Bung Karno.

Baca Juga: Nyak Sandang, Pemodal Pesawat Pertama RI Terbang Perdana ke Jakarta

Terharu, Ini 3 Permintaan Nyak Sandang kepada Jokowi

Nyak Sandang dirawat di RSPAD, Partai Aceh: Terima kasih Jokowi