Home / ACEH / PT Medco E&P Malaka Latih Pertanian Organik

PT Medco E&P Malaka Latih Pertanian Organik

Pelatihan pertanian organik yang digelar PT MEdco E&P Malaka di Desa Alue Ie Itam, INdra Makmur, Aceh Timur, Rabu, 9 Mei 2018. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Sistem pertanian organik sejatinya merupakan solusi dan menjadi salah satu cara terbaik meningkatkan hasil panen para petani.

Hal tersebut dikatakan oleh Pakar Pertanian Oragnik, Alik Sutaryat saat memberikan pelatihan dan mengembangkan kemampuan penerapan sitem pertanian organik kepada puluhan petani di Desa Alue Ie Itam, Kec. Indra Makmur, Aceh Timur, Rabu, 9 Mei 2018.

“Pertanian organik cukup dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk pupuk, yang berfungsi sebagai penetralisir keasaman (PH) tanah. Jika PH tanah normal, hasil panen pasti melimpah serta bisa menekan biaya produksi karena tidak perlu lagi membeli racun dan pupuk kimia,” katanya.

Direktur Yayasan Aliksa Organic SRI Consultant (AOSC) ini juga menambahkan, selain membuat pupuk kompos, petani yang menjalankan sistem pertanian organik juga bisa memanfaatkan berbagai bahan alami di lingkungan sekitar mereka untuk menjadi Pupuk Organik Cair (POC) atau Mikro Organisme Lokal (MOL).

Mengukur tingkat keasaman (PH) tanah. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Pupuk alami ini dikatakannya bisa dibuat dari berbagai bahan yang ada di sekitar dan mudah didapat seperti bongol pisang, rebung bambu, bahkan bisa juga dibuat dari daging hama keong mas.

Sementara itu Field Relation Manager PT Medco E&P Malaka, Rivian Pragita Oktara, selaku pihak penyelenggara menjelaskan, pelatihan tersebut  merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian  dan perkebunan ramah lingkungan.

Pelatihan yang digelar selama 4 hari itu diikuti  oleh 56 petani dari Desa Alue Ie Itam, salah satu daerah yang bersinggungan langsung dengan area eksplorasi dan eksploitasi PT Medco E&P Malaka di Aceh Timur.

“Semoga ilmu yang diperoleh melalui pelatihan ini dapat diaplikasikan penerapannya oleh para petani sehingga bisa meningkatkan produktivitas hasil panen sehingga petani bisa sukses dan berjaya,” kata Rivian Pragita Oktara.

Baca Juga: Bupati Rocky Tinjau Lokasi Pengeboran PT Medco E&P Malaka

Gandeng PT Medco E&P Malaka, PWI Aceh Timur Gelar Pelatihan Jurnalistik

Peduli Kesehatan Masyarakat, PT Medco E&P Malaka Gelar Pengobatan Massal